Hotel Legendaris di Jantung Kota Pahlawan Ini Dijual, Dampak Pagebluk?

  Kamis, 18 Februari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Hotel Weta.

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir satu tahun telah berdampak pada semua sektor kesehatan, terutama sektor pariwisata. Data yang diperoleh ayosurabaya.com menyebutkan ada beberapa hotel di Surabaya yang terimbas pandemi, yakni Hotel Elmi dan Weta yang lokasinya berada di jantung Kota Pahlawan.

Kedua hotel tersebut dijual seperti yang terpampang portal jual beli properti OLX.com dan Lamudi.com

Hotel Weta, dengan luas bangunan 6800m⊃2; yang berlokasi di Jalan Genteng Kali nomor 3-11 Surabaya itu dibandrol senilai Rp 185 milyar. Sedangkan, Elmi Hotel dengan luas bangunan sekitar 15.000m⊃2; yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Surabaya dijual seharga Rp 1.7 triliyun.

Ketika dikonfirmasi, Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan RestoranIm Indonesia (PHRI) Jatim, Dwi Cahyono langsung membenarkan hal tersebut. Dwi menjelaskan bahwa memang ada anggotanya yang notabene sebagai pengelola atau pemilik memang menjual hotel.

AYO BACA : Lokasi Pemadaman Listrik Surabaya Hari Ini, Catat Jamnya!

"Kalo Hotel Weta, sebelum pandemi memang sudah dijual," terang Dwi saat dikonfirmasi AyoSurabaya.com melalui telepon seluler, Kamis (18/2/2021) pagi.

Namun, untuk Hotel Elmi, Dwi mengaku masih belum mengetahui hal tersebut. Ia mengaku baru mendengar dan mengetahui saat dihubungi ayosurabaya.com.

"Kalau Hotel Elmi, saya tidak yakin kalau dijual, saya belum yakin," sambungnya.

Dwi menegaskan, menjual hotel tak semudah menjual barang atau rumah seperti yang ada pada aplikasi media sosial seperti saat ini. Bahkan, dengan nominal yang sangat fantastis itu, sambung Dwi, aneh rasanya bila dipasarkan melalui platform tersebut.

AYO BACA : Whisnu Sakti Buana Pamit sebagai Wali Kota Surabaya, Ini Penggantinya

"Kadang, kita cek ya iseng. Kalo Hotel Elmi, saya pikir aneh kalo dijual ke online, karena nominalnya kan bisa Mas lihat sendiri diatas milyaran rupiah, ya mungkin juga ulah orang iseng," jelas dia.

Ketika ditanya apakah ada hotel yang juga dijual akibat dampak pandemi Covid-19 di Jatim, Dwi mengaku masih belum mengetahui lebih lanjut. Menurutnya, masih belum ada data resmi yang bisa menunjukan adanya penjualan hotel akibat dampak pandemi secara spesifik.

"Kalau data resmi, masih belum ada. Tapi, cuma omong-omongan, sejauh ini sih yang banyak ganti managemen atau ganti nama," tuturnya.

Elmi dan Weta merupakan hotel 'lawas' di Surabaya. Bahkan, warga Surabaya asli tentu tak asing dengan nama kedua hotel yang letaknya berada di jantung kota Surabaya itu.

Hotel Elmi sendiri berasal dari nama pasangan suami istri, yakni Else Isman dan Mas Isman yang dikembangkan sejak tahun 1968 sebagai bentuk pengembangan ekonomi Kosgoro.

Sedangkan, Hotel Weta pada tahun 1945, nama dari perusahaan Meubel terletak di Jalan Genteng Kali Surabaya. Lambat laun, berganti usaha menjadi usaha roti lalu kini menjadi salah satu hotel berkelas di kota pahlawan.
 

AYO BACA : Kaya Mendadak, Seorang Warga Tuban Beli 3 Mobil Sekaligus L300, HRV, dan Innova

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar