Waspada 2 Link Hoaks Kartu Prakerja! Jangan Berikan Data Pribadi

  Kamis, 18 Februari 2021   Andres Fatubun
Manajemen Pelaksana menegaskan bahwa situs resmi hanya ada di www.prakerja.go.id.

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Hingga hari ini, belum ada tanda-tanda terkait pengumuman pembukaan Kartu Prakerja gelombang 12. Kendati pembukaan gelombang 12 belum ada informasi lebih lanjut, Manajemen Pelaksana menegaskan bahwa situs resmi hanya ada di www.prakerja.go.id.

Masyarakat diminta waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja. Hal itu diketahui setelah banyaknya pesan broadcasting yang ramai ditemui di sosial media, dengan iming-iming akan menerima bantuan berupa uang tunai.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja memberikan imbauan kepada masyarakat agar menghiraukan segala bentuk penipuan dengan iming-iming akan menerima bantuan Rp600 ribu.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menegaskan agar masyarakat tidak memberikan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.

Setidaknya, terdapat dua link hoaks teridentifikasi yang mengatasnamakan Kartu Prakerja. Link tersebut yaitu prakerja.vip dan sebuah link url http://svip-14.top/j/?c=job. Beruntung kedua situs sekarang ini sudah tidak bisa diakses. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada link palsu lainnya yang tujuannya untuk mendapatkan data-data pribadi.  

“Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya!,” tulis salah satu unggahan Instagram @prakerja.go.id, Minggu (11/10/2020).

Masyarakat dapat melaporkan tindakan penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja selain prakerja.go.id. Mereka dapat melaporkannya melalui nomor layanan masyarakat bebas pulsa di 0800-150-3001.  

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar