Cek Masker Anda dengan 3 Cara Ini, Segera Ganti Jika Bermasalah!

  Jumat, 19 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengecek kualitas masker yang Anda gunakan untuk mencegah Covid-19. Jika ternyata masker tidak efektif atau bermasalah, segera ganti!

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengecek kualitas masker yang Anda gunakan untuk mencegah Covid-19. Jika ternyata masker tidak efektif atau bermasalah, segera ganti!

Dilansir dari Times of India, Anda bisa melakukan 3 tes ini untuk mengetahui masker Anda efektif cegah virus atau tidak.

1. Tes cahaya

Tes cahaya sudah cukup untuk mengetahui masker Anda baik digunakan atau tidak. Gregory Poland, MD, direktur dari Grup Riset Vaksin Mayo Clinic mengungkapkan bahwa memegang masker di bawah cahaya bisa membantu menunjukkan seberapa banyak arau baiknya perlindungan masker tersebut.

Usai Vaksinasi Covid-19, Pakar: Wajib Pakai Masker 4 Tahunan

Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

Anda bisa memanfaatkan cahaya lilin, senter, sinar matahari dan lampu ruangan yang terang. Jika Anda bisa melihat masker itu bisa mencegah partikel kecil tembus dan masuk ke sistem pernapasan Anda atau tidak.

2. Tes lilin

Tes kedua adalah tiup lilin menggunakan masker. Tes lilin ini dipopulerkan oleh pendidik sains AS Bill Nye untuk membantu memastikan filtrasi dan fungsi masker aman.

Jika lilin padam ketika Anda meniupnya saat Anda memakai masker, artinya masker Anda tidak cukup aman digunakan. Jika lilin tidak padam, masker Anda cukup baik mencegah penularan virus corona.

4 Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh

3. Tes tahan air

Terakhir, cobalah tes masker tahan air atau tidak. Tes tahan air ini termasuk penting untuk mengetahui masker bisa mencegah tetesan cairan pernapasan akan menembus masker atau tidak. Anda bisa menyemprot atau memercikkan air ke bagian luar masker. Jika air tidak tembus ke bagian dalam masker, maka masker Anda cukup baik digunakan.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) USS, seseorang harus pakai masker sebanyak dua atau tiga lapis dan hindari masker yang menggunakan katup pernapasan.

Baru-baru ini, CDC juga telah memperbarui pedomannya yang menegaskan bahwa pakai dua masker kain atau masker bedah bisa memberikan perlindungan 95 persen dari virus corona.

Covid-19 Tanzania Melonjak, Presidennya Tidak Percaya Vaksin

Hal yang Dirasakan Nakes di Surabaya Usai Divaksin Covid-19

Berkat Vaksinasi, Menkes Klaim Nakes Terpapar Covid-19 Menurun

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar