Rumah Warga Surabaya yang Positif dan Isolasi Mandiri Akan Ditempeli Stiker

  Jumat, 19 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Rumah warga Kota Surabaya yang sedang menjalani isolasi mandiri akan ditempeli oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya. Alasannya untuk mencegah penularan. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Rumah warga Kota Surabaya yang sedang menjalani isolasi mandiri akan ditempeli oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya. Alasannya untuk mencegah penularan.

Melalui penanda stiker, warga di sekitar rumah tersebut juga diajak bersama-sama saling melindungi dan mengawasi mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Satpol PP Surabaya Sita KTP Pelanggar PPKM, Ini Besaran Denda dan Cara Menebusnya

Begini Cara Menebus KTP yang Diambil Satpol PP Surabaya

"Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan melindungi keluarga isoman dan warga sekitar agar terhindar dari penularan Covid-19," kata Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Irvan Widyanto di Surabaya, Jumat (19/2/2021).

Irvan menjelaskan, pemasangan tanda isolasi mandiri dilakukan ketika terdapat kasus konfirmasi positif dalam satu keluarga. Serta, mengharuskan anggota keluarga atau kontak erat melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan hingga hasil swab PCR keluar.

"Kalau di daerah lain mungkin menggunakan bendera dan sebagainya. Kalau di Surabaya itu kita lebih melakukan perlindungan terhadap individu yang ada di situ," ujarnya.

Sesar Aktif di Jatim Terus Bergerak Berpotensi Gempa, Ini Imbauan Peneliti

Banyak Sesar Aktif di Jatim yang Berpotensi Gempa, 2 di Surabaya

Harapannya, kata Irvan, warga yang ada di sekitar rumah tersebut dapat saling menjaga serta melindungi keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri. Selain itu, warga di sekitar diharapkan dapat membantu memonitor dan ikut mengawasi.

"Warga di sekitar dapat ikut menjaga jangan sampai dia (keluarga yang isolasi) keluar rumah atau jangan sampai ada apa-apa dan sekaligus mungkin memberikan bantuan makanan atau apa," kata dia.

Irvan menyatakan, rencananya stiker ini akan dibagikan kepada setiap pengurus Kampung Tangguh di Surabaya. Nantinya penempelan stiker ke rumah-rumah keluarga yang melakukan isolasi mandiri dilakukan oleh warga atau pengurus kampung. "Rencananya paling lambat minggu depan (stiker) kita bagikan," ujarnya.

Usai Vaksinasi Covid-19, Pakar: Wajib Pakai Masker 4 Tahunan

Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

4 Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar