Ingin Diet Berhasil? Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini

  Jumat, 19 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Es krim, salah satu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang diet untuk menurunkan berat badan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Jika sedang diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan alami dan rendah gula.

Selain itu, Anda lebih baik tidak mengonsumsi daftar makanan ini yang dapat menggagalkan program diet, seperti dilansir Medical Daily:

1. Jus dan minuman manis

Beberapa asupan yang mengandung gula mungkin menggiurkan. Sebut saja seperti sirup jagung, pemanis jagung, dan sirup malt. Kadang-kadang sulit untuk menemukan bahan ini pada label nutrisi. Namun, kewaspadaan penting karena setengah dari gula dalam makanan sehari-hari berasal dari minuman manis.

7 Dampak Negatif Makan Siang Sambil Bekerja

Bagus untuk Diet, 5 Menu Sarapan Ini Cepat Turunkan Berat Badan!

Diet dengan Jeruk Nipis, Efektifkah?

Dari dua ribu kalori yang dibutuhkan pada hari biasa, 200 kalori atau 12 sendok teh gula disarankan oleh pedoman diet AS untuk dikonsumsi dan bisa juga dengan gula tambahan. Namun, banyak orang tidak sadar, bahkan 17 sendok teh dilaporkan dikonsumsi setiap hari oleh orang Amerika, yang mengarah pada apa yang membentuk gaya hidup yang tidak sehat. Cobalah beralih kepada susu rendah lemak dan sereal tanpa pemanis atau berhenti mengonsumsi gula tambahan.

2. Daging olahan

Pedoman diet AS merekomendasikan 26 ons daging, unggas, dan telur per pekan. Daging tanpa lemak, unggas tanpa lemak, dan telur lebih sehat daripada daging olahan karena tidak memicu diabetes tipe 2, obesitas, dan kanker.

3. Makanan cepat saji dan makanan ringan olahan

Lemak jenuh bisa terkandung dalam kentang goreng, hamburger, kerupuk, dan makanan ringan olahan lainnya. Sebuah studi di Iran pada 300 mahasiswa Iran menemukan hubungan antara obesitas dan kebiasaan makan cepat saji.

Ditemukan bahwa berdasarkan Indeks Massa Tubuh (BMI), prevalensi obesitas adalah 21,3 persen rata-rata di antara siswa yang terlibat dalam penelitian ini. Penelitian diambil secara acak dari dua universitas terkemuka di Qom pada musim semi 2015.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

Menu Diet Sehat, Rutin Sarapan 2 Telur Bisa Turunkan Berat Badan

Studi ini menyimpulkan konsumsi makanan cepat saji memengaruhi rasio wasit-hip (WHR) lebih dari BMI. Berdasarkan WHR, prevalensi obesitas adalah 33,2 persen. Ketika sampai pada pemahaman seberapa sering makanan cepat saji dikonsumsi, studi ini menemukan secara keseluruhan bahwa 72,4 persen memanjakan diri dengan makanan cepat saji setidaknya sekali dalam sebulan terakhir sebelum penelitian.

4. Nasi putih dan pasta

Indeks glikemik (GI) adalah parameter komparatif yang digunakan untuk mengukur bagaimana makanan tertentu meningkatkan kadar glukosa darah terhadap makanan lain. Karbohidrat seperti roti putih, beras putih, dan pasta memiliki GI tinggi 70 atau lebih sehingga  harus dimakan dalam jumlah yang lebih kecil.

Kacang-kacangan, ubi, lentil, ubi jalar, buah-buahan, dan sayuran non-tepung memiliki GI rendah di bawah 55. Nasi putih dan pasta putih tidak memiliki banyak serat dan protein sehingga nutrisi terbatas dan tidak membawa banyak manfaat kesehatan.

Sedang Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Ini!

5 Minuman Segar Ini Bantu Diet Cepat dan Sehat

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

Mengontrol asupan karbohidrat adalah salah satu cara untuk bertahan hidup dari diabetes. Karbohidrat jenis ini memengaruhi kadar glukosa darah. Menggabungkan makanan GI tinggi dengan makanan GI rendah paling baik untuk diet seimbang.

5. Es krim

Es krim mengandung kalori dan gula yang tinggi. Makanan yang terakhir ini sebagian besar berkontribusi pada peningkatan kadar glukosa darah dan obesitas. Es krim juga tidak menyediakan serat dan protein. Mengganti es krim dengan buah beku dan yoghurt untuk pencuci mulut bisa menjadi pilihan yang lebih sehat ketika mencoba menurunkan berat badan.

Ingin Diet tapi Tetap Makan? 5 Camilan Enak Ini Turunkan Berat Badan!

Tata Cara Diet bagi Pemilik Golongan Darah O

Khusus Pria, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Tips Mendapatkannya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar