Gubernur Khofifah Turun Tangan Selamatkan Paus Terdampar di Pantai Bangkalan Madura

  Jumat, 19 Februari 2021   Andres Fatubun
Gubernur Khofifah membantu melepaskan seekor ikan paus yang terdampar perairan di pantai Modung Bangkalan Madurake laut bebas. (khofifah.ip)

BANGKALAN, AYOSURABAYA.COM -- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, turun tangan membantu menyelamatkan sekawanan ikan paus yang terdampar di perairan di pantai Modung Bangkalan Madura, Jumat (19/2/2021).

Dalam unggahan di akun resmi instagramnya, Gubernur Khofifah tampak mengelus seekor ikan paus yang masih hidup dan membantu melepaskannya ke laut bebas. 

Dia juga menulis
"Operasi penyelematan paus terdampar yang masih hidup dari perairan di pantai Modung Bangkalan Madura ke perairan yang lebih dalam, Jumat (19/2).

AYO BACA : Penyebab Koloni Paus yang Terdampar di Perairan Bangkalan Madura

Rombongan paus jenis tombak ini ada sekitar 50an ekor. Upaya pengembalian ke habitat mereka sudah dimulai sejak kemarin. Penyelamatan hari ini hanya beberapa ekor yang masih hidup. Beratnya bobot ikan menjadi kendala utama saat mendorong mereka kembali ke laut dalam. Semoga kejadian seperti ini dapat terantisipasi lebih baik lagi ke depannya."

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 52 ekor ikan paus tombak terdampar dan menjadi pusat perharian warga. Dari jumlah tersebut, 49 ekor di antaranya mati di bibir pantai. Sedangkan tiga sisanya ditemukan dalam keadaan hidup dan telah diselamatkan ke laut lepas.

Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah II Jawa Timur (Jatim), RM Wiwied Widodo, mengatakan belum mengetahui secara jelas penyebab terdamparnya mamalia tersebut. Namun ia menduga kawanan paus yang terdampar itu mengalami masalah dengan sonarnya. 

151213135-1325950654427139-2582154636361977046-n

AYO BACA : Puluhan Ekor Paus Terdampar di Perairan Madura

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar