Stok Plasma Konvalesen di Jember Kosong

  Sabtu, 20 Februari 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi pendonor Plasma Konvalesen.

JEMBER, AYOSURABAYA.COM --- Stok darah plasma konvalesen di Unit Donor Darah (UDD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, kosong. Ini berakibat pada 16 pasien Covid-19 antre menunggu adanya donor plasma konvalesen.

Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki berharap agar para penyintas covid-19 berkenan untuk melakukan donor guna memenuhi kebutuhan plasma konvalesen itu.

"Ada 16 pasien Covid-19 yang sudah antre, mereka menunggu plasma darah konvalesen  dari UDD PMI Kabupaten Jember,” kata Zaenal saat dikonfirmasi di Markas PMI Jember, Jalan Jawa, Kecamatan Sumbersari, Sabtu (20/2/2021).

Secara rinci Zaenal menyebutkan, 16 pasien yang antre plasma konvalesen itu diantaranya. golongan darah A sebanyak 9 orang, golongan darah B sebanyak 4 orang, O sebanyak 0 pasien dan pasien dengan golonga darah AB sebanyak 3 pasien.

"Sehingga kami berharap dari para penyintas dapat mendonorkan di UDD kami. Karena kebutuhan Plasma Konvalesen ini cukup banyak, apalagi tidak hanya di wilayah Jember, tapi juga dari daerah lain wilayah sekitar tetangga kita," katanya.

Namun demikian, UDD PMI Jember mencatat. Hingga 19 Februari 2021 pasien Covid-19 dengan golongah darah A yang sudah terlayani plasma konvalesen sebanyak 39 kantong.

Secara rinci golongan darah B sebanyak 43 kantong, golongan darah O sebanyak 54 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 15 kantong.

“Total ada 151 kantong plasma konvalesen yang diserahkan kepada pasien Covid-19 yang dalam kondisi sedang dan berat,” sebutnya.

Namun demikian, Zaenal mengatakan. Jumat kemarin (19/2), ada satu kantong Plasma Konvalesen untuk golongan darah O. Tetapi sekitar pukul 14.00 kemarin (19/2) juga langsung ada pemesannya.

"Sehingga kita masih membutuhkan penyintas Covid-19 ini, untuk mendonorkan darahnya guna ketersediaan Plasma Konvalesen. Juga teriring doa, pandemi ini berakhir, dan kita tidak lagi kebingungan kebutuhan Plasma Konvalesen," pungkasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar