PPKM hingga 8 Maret, Warga yang Isolasi Mandiri Diberi Beras 20 Kg

  Sabtu, 20 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro atau PPKM Mikro hingga 8 Maret 2021. Adapun warga yang positif dan isolasi mandiri akan mendapatkan bantuan beras 20 kg. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro atau PPKM Mikro hingga 8 Maret 2021. Adapun warga yang positif dan isolasi mandiri akan mendapatkan bantuan beras 20 kg.

Bantuan beras 20 kg tersebut dikoordinasikan oleh TNI/ Polri di tingkat Polsek dan Koramil.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, "(Bantuan beras 20 kilogram per rumah) ini akan dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas," ujarnya, dalam konferensi pers virtual, Sabtu (20/2/2021).

PPKM Mikro Malang Dimulai Hari Ini, RT/RW Akan Dapat Rp500 Ribu per Bulan?

Adapun PPKM Mikro diterapkan di 123 kabupaten/kota di 7 provinsi yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bali, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Saat PPKM Mikro, pemerintah akan memastikan distribusi bantuan masker kain yang sesuai dengan standar. Bantuan ini ditujukan untuk seluruh masyarakat desa sebagai bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan dasar selama PPKM Mikro.

PPKM Mikro juga akan dibarengi dengan penguatan 3T (testing, tracing dan treatment). Untuk pengetesan, akan dilakukan swab test antigen secara gratis kepada masyarakat di desa/kelurahan yang disediakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggunakan fasilitas kesehatan dan puskesmas di wilayah masing-masing.

PPKM Mikro Jatim: 210 RT Zona Merah, RT Anda Termasuk? Ini Cirinya

Beriringan dengan testing, penelusuran dan pelacakan lebih intensif di setiap desa/ kelurahan dengan menggunakan tracer dari Babinsa/ Bhabinkamtibmas yang telah dididik Kemenkes.

Pelaksanaan isolasi mandiri (PPKM rumah tangga), isolasi terpusat (PPKM RT), perawatan di faskes juga dilakukan dengan koordinasi oleh pos jaga desa/kelurahan.

Berdasarkan paparan Airlangga, skenario pengendalian PPKM Mikro edisi kedua masih sama dengan pelaksanaan dua pekan terakhir. Area perkantoran dianjurkan masih memberlakukan working from home (WFH) 50 persen dari kuota. Kegiatan belajar mengajar juga dilakukan secara daring.

PPKM Mikro Kota Surabaya Terbagi dalam 3 Zona

Sektor esensial dapat beroperasi 100 persen dengan protokol kesehatan, sementara pusat perbelanjaan atau mall bisa beroperasi hingga pukul 21.00. "Tentu dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," ucapnya.

Sektor konstruksi bisa beroperasi 100 persen dan tempat ibadah dapat dioperasikan dengan maksimal 50 persen dari kuota. Sementara itu, fasilitas umum dihentikan untuk sementara. Aktivitas transportasi umum diatur sesuai dengan peraturan tiap daerah.

Tips & Trik Ketua RW Asem Jajar agar Wilayahnya Terus Zona Hijau Selama PPKM Mikro

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar