Jadwal Kereta Api Surabaya-Jakarta yang Dibatalkan Akibat Banjir

  Minggu, 21 Februari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi penumpang turun dari kereta api. (ayosurabaya)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Manager Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Humas PT KAI Daop) 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, seluruh kereta api tujuan Surabaya-Jakarta dibatalkan.

Luqman menjelaskan, perjalanan KA jarak jauh terhambat, khususnya dari Jakarta menuju Surabaya maupun sebaliknya. Sampai saat ini, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh hingga Lemah abang di Km 55 +100 sampai KM 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 150cm.

Menurutnya, banjir tak hanya membuat jalur rel tergenang. Tetapi, banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air. Oleh karena itu, tim prasarana KAI masih melakukan perbaikan secara berkala. Salah satunya, dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air sampai saat ini.

Luqman menjelaskan, PT KAI (Persero) Daop 8 Surabaya lantas meminta maaf dengan adanya gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di kawasan Daop 1 Jakarta, yang disebabkan tingginya curah hujan yang mengakibatkan banjir.

“Kami, atas nama Manajemen KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan KA akibat banjir yang menggenangi jalur KA lintas Kedunggedeh sampai Lemahabang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,” ujar kata Luqman saat dikonfirmasi AyoSurabaya.com, Minggu (21/2/2021).

Dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi, PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan pembatalan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021.

"Iya, Mas, dibatalkan (tujuan DKI Jakarta)," lanjutnya.

Berikut jadwal Kereta Api yang dibatalkan:
1. Tujuan Pasar Senen:
- KA 253 Jayakarta (tujuan Surabaya Gubeng-Pasar Senen)
- KA 129 Dharmawangsa (tujuan Surabaya Pasarturi-Pasarsenen)
2. Tujuan Stasiun Gambir:
- KA 75 Bima (tujuan Surabaya Gubeng-Gambir)
- KA 77 Sembrani ( tujuan Surabaya Pasarturi-Gambir)
- KA 3 Anggrek (tujuan Surabaya Pasarturi-Gambir)
- KA 71 Gajayana (tujuan Malang-Gambir)

Banjir melanda Ibukota DKI Jakarta pada Sabtu (20/2/2021) kemarin yang disebabkan curah hujan tinggi. Tercatat, ada sekitar 226 mm/hari. Usai hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendata, ada 113 RW tergenang banjir. Sedangkan, luas area terkena banjir sekitar 4 kilometer persegi. Sampai Sabtu (20/2/2021) siang, ada sekitsr 3.311 orang mengungsi.

Akibat banjir tersebut, hampir seluruh moda transportasi darat berhenti beroperasi. Begitu juga dengan kereta api dari jakarta menuju sejumlah kota atau kabupaten maupun sebaliknya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar