Sudah Makan Korban, Tiang Listrik di Tengah Jalan di Banyuwangi Masih Dibiarkan

  Minggu, 21 Februari 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi tiang listrik. (René Schué dari Pixabay)

BANYUWANGI, AYOSURABAYA.COM -- Entah apa penyebabnya tiang listrik di Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, ini berdiri di tengah-tengah Jalan Raya Wiroguno. Kondisi ini jelas menganggu para pengguna jalan.

Benar saja, sudah ada satu korban jiwa melayang setelah kecelakaan gara-gara tiang listrik di bawah naungan Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Genteng tersebut.

Seorang pengendara motor bernama Buari (63), warga Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, Jember, tewas menabrak tiang listrik di jalan tersebut, Kamis malam (18/2/2021).

"Dan kalau sampai jatuh korban jiwa begini siapa yang akan bertanggung jawab," kata Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi, Ficky Septalinda, merespons permasalah itu.

AYO BACA : Akui Berselingkuh dengan Nissa Sabyan karena Khilaf, Ayus Minta Didoakan

Karena membahayakan dan tidak jelas alasan kenapa tiang berdiri di tengah jalan, Ficky berencana memanggil kontraktor dan para pihak terkait jalan dan tiang listrik ke Komisi IV DPRD.

Ia mengaku prihatin dengan proyek jalan yang sudah diserahterimakan ke Dinas PU Cipta Karya dan Penataan Ruang ternyata masih ada sisa-sisa tiang PLN di tengah jalan.

"Kami akan memanggil pihak berwenang atas proses perencanaan jalan atau pelaksana proyek jalan," kata Politisi PDI Perjuangan itu, Minggu (21/2/2021).

"Kami menduga perencanaan proyek dipaksakan. Karena tiang listrik itu kewenangan PLN, dan jalan kabupaten kewenangan Dinas PU Cipta Karya dan Penataan Ruang. Harusnya kedua pihak sudah clear di awal," ujarnya.

AYO BACA : Harga Cabai di Magetan Tembus Rp100 Ribu per Kilogram

Jalan Wiroguno baru dibangun pada Oktober 2020 lalu. Proyek dengan nama tender PPK-20.12 K57.20, senilai Rp 2,86 Miliar ini dimenangkan oleh PT Bintang Surya Tunas Mandiri. Namun dalam pengerjaan, di-Subkontraktorkan kepada gerbong H. Tras.

Adapun yang menjadi konsultan penanggung jawab dalam pengawasan proyek adalah PT Pradnya Paramita Konsultan.

Sedikitnya terdapat 20 tiang listrik di sepanjang jalan Wiroguno Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari tersebut. 7 tiang diantaranya, berdiri di tengah ruas jalan.

"Kecelakaan sampai meninggal dunia itu yang ditabrak tiang listrik ke-6 dari utara," ungkap Ahmad, warga setempat.

 

AYO BACA : Terjunkan 316 Personel, PLN Jatim Antisipasi Ancaman Pohon Tumbang

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar