Surat Al-Fatihah Tak Terbaca saat Salat Berjemaah, Bagaimana Hukumnya?

  Senin, 22 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Jika makmum telat salat berjemaah dan baru bergabung setelah surat Al-Fatihah dibacakan, bagaimana hukumnya? (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Jika makmum telat salat berjemaah dan baru bergabung setelah surat Al-Fatihah dibacakan, bagaimana hukumnya?

Dikutip dari buku Islam Sehari-Hari karya KH Abdurrahman Nafis, penting digarisbawahi, yaitu di antara rukun salat yang harus dilaksanakan dan tidak sah kalau ditinggalkan adalah membaca surah al-Fatihah. Sesuai sabda Rasulullah SAW, “Tidak sah salat bagi orang yang tidak membaca Fatihah al-Kitab.” (HR Bukhari).

Ulama Banyak yang Wafat, Pertanda Kiamat Sudah Dekat?

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Akan Terhubung lewat Terowongan

Menurut Mazhab Syafii, membaca al-Fatihah wajib bagi orang salat, baik sendiri maupun berjemaah, menjadi imam maupun menjadi makmum, salat jahriyah (suara keras) maupun sirriyah (suara pelan).

Namun, kalau  kondisi makmum terlambat dan tidak dapat mengikuti imam dari awal (ma’mum masbuq) sehingga tidak memiliki kesempatan untuk membaca surah al-Fatihah dan langsung mengikuti gerakan imam, makmum sah salatnya walaupun tidak membaca surah al-Fatihah.

Pasalnya, dalam hal seperti ini imam menanggung terhadap (al-Fatihah) makmum (al imam dhâminun lil ma’mûm).

Surah Al-Jumu'ah dan Terjemahannya

Surat Yasin Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Salat berjamaah memang besar keutamaannya, lebih baik 27 derajat daripada salat sendirian. Karena itu, biasakanlah salat berjamaah ke masjid walaupun kadang terlambat.

Namun, akan lebih baik lagi tidak terlambat sehingga dapat mengikuti dari awal dan tidak termasuk makmum masbuk. Wallâh a’lam bi al-shawâb.

 

Surat An-Naba Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

3 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak di Dunia Tahun 2060, Indonesia Tergeser 

4 Cara Mencintai Rasulullah SAW dan Manfaatnya

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar