Warga Surabaya Bisa Bayar Tilang via Marketplace, Begini Caranya

  Senin, 22 Februari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Warga Kota Surabaya kini tidak perlu datang ke kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya untuk membayar dan mengambil barang bukti tilang. Cukup membayar tilang secara daring atau online di berbagai marketplace. (Kejari Surabaya)

SUKOMANUNGGAL, AYOSURABAYA.COM – Warga Kota Surabaya kini tidak perlu datang ke kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya untuk membayar dan mengambil barang bukti tilang. Cukup membayar tilang secara daring atau online di berbagai marketplace.

Kasipidum Kejari Surabaya Farriman Isandi Siregar mengatakan, untuk membayar denda, pemohon cukup membuka tilang.kejaksaan.go.id, lalu mencari perkara tilang.

Caranya, masukkan nomor berkas tilang. Kemudian lihat putusan sidang tilang dan nominal denda yang harus dilunasi.

Selanjutnya, pemohon dapat memilih metode pembayaran melalui situs tersebut, baik melalui M-Banking, rekening bersama marketplace, maupun ATM.

"Bisa memanfaatkan pembayaran, baik di Kantor Pos, Finpay, bank atau ATM, hingga marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak," kata Farriman, di Surabaya, Senin (22/2/2021).

Pemohon juga bisa memilih opsi pengambilan atau pengiriman barang bukti yang tersedia di situs tilang tersebut.

Dia pun mengimbau agar pemohon tidak mengambil barang bukti tilang di kejaksaan saat hari H tanggal pengambilan. Alasannya, untuk menghindari kerumunan saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Agar bisa mencegah kerumunan saat pandemi," tuturnya.

Kejari Surabaya tetap membuka seluruh layanan pengambilan barang bukti tilang kendati ada layanan paket pos dan delivery tilang tetap dibuka dengan harapan meminimalisasi penumpukan jumlah pemohon.

Di sisi lain, meski sudah membuka layanan pengambilan barang bukti secara langsung, sejumlah petugas Kejari Surabaya tetap menerapkan prokes dengan cara membatasi jumlah pemohon, melakukan tes suhu dan cuci tangan, hingga menggunakan masker.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar