8 Tanaman Alami untuk Mengobati Diabetes, Termasuk Kunyit

  Senin, 22 Februari 2021   M. Naufal Hafizh
Kunyit, salah satu tanaman alami yang bisa mengobati diabetes. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Diabetes bisa dialami segala usia. Jika seseorang mengalami diabetes, tidak sembarangan makanan bisa dikonsumsi jika ingin tetap sehat.

Sebelum mengonsumi hal-hal tertentu, penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Juga penting bahwa pasien diabetes memeriksa kadar gula setiap bulan pada tingkat wajib sehingga orang menyadari berapa banyak gula untuk dikonsumsi atau tidak untuk dikonsumsi.

Meskipun ada berbagai obat diabetes yang tersedia di pasaran yang membantu mengontrol kadar gula darah dan sensitivitas insulin, ada beberapa cara alami untuk mengelola kondisi ini. Obat herbal untuk diabetes akan membantu Anda tetap sehat dan akhirnya mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Waspadai Perbedaan Mengantuk Akibat Diabetes dan Mengantuk Biasa

3 Penyakit yang Bisa Diatasi oleh Sarang Burung Walet

4 Gangguan Kesehatan Akibat Mengonsumsi Softdrink secara Berlebihan

1. Tumbuhan kelabat

Penggunaan kelabat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kaya akan asam amino, tumbuhan kelabat membantu meningkatkan sensitivitas insulin Anda.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi 25 g kelabat setiap hari telah mengendalikan gula darah serta lonjakan usai makan. Hindari asupan kelabat berlebihan karena dapat menyebabkan berbagai efek samping seperti sakit perut, pusing, kembung, gas, dan sakit kepala. Rendam 10 gram kelabat dalam air panas semalaman dan konsumsilah keesokan paginya.

2. Kunyit

Mengonsumsi ramuan ini dapat membantu menjaga keseimbangan insulin dalam tubuh. Ramuan ini tersedia dalam bentuk bubuk, yang dapat dikonsumsi sekali atau dua kali sehari. Ambil 5 hingga 10 gram bubuk Kunyit dan campur dengan susu atau madu. Anda bisa memakannya sebelum atau sesudah makan.

8 Tanaman Alami untuk Mengobati Diabetes

Sering Kencing, Bisa Jadi Tanda Hamil atau Diabetes

5 Makanan Alami yang Ampuh Turunkan Gula Darah

3. Peria atau Pare

Mengonsumsi jus pare dikenal sebagai salah satu cara paling efektif dan alami untuk mengendalikan diabetes. Jus membantu mengendalikan kadar gula darah Anda secara efektif. Ini membantu mengontrol penyerapan gula di usus dan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Daun Pare juga bermanfaat untuk mengobati diabetes. Anda perlu minum sekitar 50 hingga 100 ml yang setara dengan 5-6 sendok jus setiap hari.

4. Ginseng

Ramuan Cina ini memiliki khasiat luar biasa. Ia meningkatkan imunitas dan juga membantu penderita diabetes dengan memperlambat penyerapan karbohidrat oleh tubuh. Ginseng memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah hingga 15-20 persen. Fran Kaufman, MD dan presiden American Diabetes Association bahkan menegaskan bahwa Ginseng tampaknya memiliki efek di luar pengobatan. Anda dapat mengonsumsi 3 gram ginseng kering dan bubuk, hingga dua jam sebelum makan.

5 Buah-buahan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

5 Makanan yang Meningkatkan Gula Darah Selain Makanan yang Manis

Mana yang Sebaiknya Dipilih Penderita Diabetes, Gula Merah atau Gula Putih?

5. Tumbuhan Maja

Memiliki tindakan hipoglikemik, ramuan memiliki sifat anti-diabetes. Menggunakan maja telah dinyatakan untuk membantu mengendalikan poliuria diabetik dan membantu pankreas dalam produksi insulin. Ramuan ini memiliki sifat yang akan efektif untuk mengatur gula darah dan membantu memerangi komplikasi diabetes. Dosis maja yang disarankan adalah 500 mg per hari. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan jumlah konsumsinya.

6. Blueberry

Jika seorang pasien diabetes mengkonsumsi ramuan blueberry dalam makanan sehari-hari, itu akan membantu menurunkan gula darah dalam tubuh. Rempah mengandung antioksidan kuat dalam buah dan daunnya, yang memainkan peran penting dalam mengelola kondisi. Anda dapat mengkonsumsi 20 hingga 60 gram ramuan setiap hari.

7. Daun mimba

Mimba adalah salah satu herbal yang baik untuk pasien diabetes. Ini mengatur tingkat metabolisme dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas reseptor insulin. Dosis ramuan tergantung pada usia individu, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

Menu Diet Sehat, Rutin Sarapan 2 Telur Bisa Turunkan Berat Badan

8. Jamblang atau jambu keling

Obat yang efektif untuk mengatasi diabetes, daun jamun membantu mengontrol frekuensi urin dan menurunkan kadar urin dan gula darah dalam tubuh Anda. Dosis ramuan tergantung pada usia individu, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Beberapa obat herbal efektif lainnya untuk diabetes adalah lidah buaya, kayu manis, dan jahe.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar