Disuntik Vaksin, Lansia: Ayo Jangan Takut

  Selasa, 23 Februari 2021   Praditya Fauzi Rahman
Panit Reskrim Polsek Jambangan Agus Tri Subagyo menerima vaksinasi tahap pertama oleh petugas vaksinator di Puskesmas Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Selasa (23/2/2021).

JAMBANGAN, AYOSURABAYA.COM -- Pelaksanaan vaksinasi untuk lanjut usia dan petugas pelayanan publik tengah berlangsung di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya pada Selasa (23/2/2021) pagi.

Ketika ayosurabaya.con melihat pelaksanaan vaksinasi tersebut, terlihat sejumlah lansia tengah mengantre menunggu giliran. Tempat duduk pun diatur berjarak sekitar 1 meter dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Salah satu peserta vaksinasi bernama Katini adalah lansia yang memperoleh kesempatan pertama. Usai dinyatakan lolos dari uji skrining, Katini lantas menuju bilik penyuntikan yang berada di sisi timur puskesmas.

AYO BACA : 5 Manfaat Daun Melinjo, Efektif Cegah Asam Urat dan Tingkatkan Imunitas

Katini mengaku sakit saat jarum suntik pertama kali ia rasakan menusuk dinding arteri kulit. Agar tak terasa sakit, ia sempat memejamkan mata.

"Ya sakit, Mas, tapi kan cuma sebentar," kata lansia berusia 72 tahun. 

Dia mengaku gugup menjadi peserta pertama. Selain itu, kejadian serupa belum pernah dialaminya sejak kecil.

AYO BACA : Gubernur Khofifah: Pecel Telo Kuliner Wajib di Lumajang, Rasanya Endeus Banget

Senada, Panit Reskrim Polsek Jambangan Agus Tri Subagyo mengaku sempat gugup menjalani vaksinasi tahap pertama itu. Bahkan, saat akan menjalani vaksinasi, tubuhnya dipenuhi keringat.

"Polisi kan juga manusia, pasti ada takutnya. Tapi itu diawal aja, pas proses nyuntik sampai selesai ternyata tidak apa-apa, tidak ada masalah, alhamdulillah berjalan lancar," terang Agus.

Ia pun menyerukan kepada masyarakat agar tak takut dengan vaksinasi.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Surabaya telah memperoleh jatah vaksin 12.480 vial. Per 1 vial, dapat digunakan untuk 10 dosis. Pada tahap awal, Pemkot Surabaya baru menerima vaksin sekitar 4.500 vial. 

Hingga saat ini, vaksin Sinovac akan diberikan kepada 45 ribu sasaran. Targetnya, akan rampung sekitar 26 ribuan untuk lansia. Sedangkan, 19 ribuan sisanya diberikan kepada petugas pelayanan publik yang tersebar di beberapa kecamatan di Surabaya

 

AYO BACA : Wali Kota Surabaya, Bupati Sidoarjo dan Gresik Bahas Koordinasi Pembangunan Wilayah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar