Daftar 17 Kepala Daerah dan Wakilnya yang Akan Dilantik di Grahadi 26 Februari 2021

  Kamis, 25 Februari 2021   Andres Fatubun
Gladi pelantikan Bupati- Walikota di Gedung Negara Grahadi. Pelaksanaan dengan protokol kesehatan yang ketat, tiga tahap dan hybrid. (khofifah.ip)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Pemprov Jatim memastikan pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jumat (26/2/2021).

Hal ini dikatakan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim, Jempin Marbun, 

“Tadi pagi jam 10.00 kita sudah mengikuti rapat koordinasi secara virtual dengan Dirjen Otonomi Daerah dengan menghadirkan Sekda dari semua daerah atau provinsi yang melakukan pilkada,” kata Jempin.

Dari 19 kepala daerah terpilih Pilkada 2020, yang akan dilantik sebanyak 17 pasangan. Dua daerah yang belum dilantik adalah Kabupaten Pacitan dan Tuban menunggu masa jabatan berakhir.

Jempin menuturkan bahwa teknis pelaksanaan pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada 2020 tetap menjaga protokol kesehatan. “Artinya, kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan dilantik nantinya dari Kemendagri diberikan toleransi untuk dilantik di ibukota provinsi dalam hal ini di Jatim di Gedung Grahadi,” jelas mantan Kepala Biro Hukum Setdaprov Jatim ini.

Karena masih masa pandemi, Jempin juga mengatakan bahwa yang datang di Grahadi nanti adalah hanya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dilantik beserta istri. “Sedangkan undangan lainnya tetap mengikuti secara virtual di kabupaten dan kota masing-masing,” lanjut Jempin.

Jempin juga mengatakan bahwa pemerintah tidak menghendaki pelantikan menjadi klaster baru Covid-19. “Makanya satu ruangan pelantikan nanti jumlah yang hadir dibatasi yakni maksimal 25 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut Jempin mengatakan bahwa pelantikan nanti dilakukan tiga sesi. “Sesi 1 pukul 09.00 sampai selesai dengan diikuti enam daerah, Sesi 2 pukul 13.00 juga diikuti enam daerah dan sesi 3 pukul 16.00 diikuti lima daerah, semuanya pada hari Jumat, 26 Februari 2021,” papar Jempin.

Jempin juga mengatakan bahwa prosesi pelantikan ini merupakan momen yang sangat sakral. “Karena itu hal ini memang diharapkan oleh Kepala Daerah terpilih untuk dilantik secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa,” pungkas Jempin.

Berikut daftar 17 pasangan kepala daerah yang akan dilantik Jumat (26/2/2021)
1. Kabupaten Banyuwangi: Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah  
2. Kabupaten Situbondo: Karna Suswandi-Nyai Khoirani 
3. Kabupaten Jember: Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman 
4. Kabupaten Malang: Sanusi-Didik Gatot Subroto 
5. Kabupaten Blitar: Rini Syarifah-Rahmad Santoso
6. Kota Blitar: Santoso-Tjutjuk Sunario 
7. Kabupaten Trenggalek: Mochamad Nur Arifin-Syah Mohammad Natanegara
8. Kabupaten Kediri: Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa
9. Kabupaten Ponorogo: Sugiri Sancoko-Lisdyarita 
10. Kabupaten Ngawi: Ony Anwar-Dwi Riyanto Jatmiko 
11. Kabupaten Lamongan: Yuhronur Effendi-KH Abdul Rouf
12. Kabupaten Gresik: Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah 
13. Kabupaten Sidoarjo: Ahmad Muhdlor Ali-Subandi 
14. Kabupaten Mojokerto: Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarraa
15. Kabupaten Sumenep: Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah
16. Kota Pasuruan: Saifullah Yusuf-Adi Wibowo 
17. Kota Surabaya: Eri Cahyadi-Armuji 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar