Gubernur Khofifah: Cobain Nasi Buwuhan Bojonegoro, Dijamin Nagih!

  Kamis, 25 Februari 2021   Andres Fatubun
Nasi Buwuhan. (Gramho)

BOJONEGORO, AYOSURABAYA.COM -- Jawa Timur memiliki banyak ragam kuliner khas dengan bahan baku nasi yang sedap mengenyangkan. Salah satunya adalah Nasi Buwuhan khas Bojonegoro atau juga disebut Sega Buwuhan. 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bahkan merekomendasikan nasi Buwuhan ini bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Bojonegoro.

AYO BACA : Minuman Sehat Segar Sederhana ala Gubernur Khofifah, Bisa Menurunkan Gula Darah

"Satu lagi makanan khas yang menambah referensi kuliner pernasian asal Jatim adalah Nasi Buwuhan Bojonegoro. Rugi kalau kamu gak nyobain makanan ini saat datang ke Jawa Timur.

Dihidangkan diatas godong jati, saya jamin kamu bakalan nagih karena rasanya yang berbeda. Lauknya, ada mi kuning, momoh tempe, dan sayur tewel. Makin meriah kalau disandingkan dengan tempe goreng, sate komo, sate telur puyuh, ayam goreng, telur balado serta rempeyek teri atau kacang. Jangan lupa sarapan, jaga kesehatan."

AYO BACA : Gubernur Khofifah: Pecel Telo Kuliner Wajib di Lumajang, Rasanya Endeus Banget

Sego atau nasi buwuhan ini merupakan bentuk tradisi warga Bojonegoro yang tersebar 430 desa dan kelurahan di 28 kecamatan secara turun temurun. Selain sebagai kuliner yang bisa disantap sehari-hari, nasi Buwuhan biasanya dijadikan oleh-oleh untuk tamu yang menghadiri suatu hajatan.

Tahun lalu, nasi Buwuhan mencetak rekor MURI. 

Dalam acara Thengul International Folklore Fetival (TIFF) di Rest Area Jembatan Trucuk Sosrodilogo, panitia berhasil menghidangkan 26.310 bungkus Sega Buwuhan yang dinikmati oleh warga yang hadir pada acara tersebut. Bupati Bojongeoro, Anna Muawanah, mencanangkan Nasih Buwuhan untuk dijadikan ikon kuliner nusantara sekaligus mendukung promosiwisata bertajuk Pinarak Bojonegoro. 

AYO BACA : Gubernur Khofifah: Sego Gegok Trenggalek Dijamin Bikin Ketagihan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar