Gubernur Khofifah: Ayam Lodho Tulungagung Disiram Santan, Nasinya Hangat, Mantul!

  Jumat, 26 Februari 2021   Andres Fatubun
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat menyantao Ayam Lodho khas Tulungagung. (khofifah.ip)

TULUNGAGUNG, AYOSURABAYA.COM -- Satu lagi kuliner khas Jawa Timuran yang patut dicoba untuk menu makan siang adalah Ayam Lodho. Masakan khas dari daerah Tulungagung dan Trenggalek ini punya rasa yang khas yaitu perpaduan gurih dan pedas.

AYO BACA : Gubernur Khofifah: Cobain Nasi Buwuhan Bojonegoro, Dijamin Nagih!

Rasa yang khas tersebut didapat dari dua pengolahan. Pertama ayam dibakar hingga setengah matang, setelah itu baru dimasak dengan aneka bumbu dan santan hingga mengental. Aroma bakaran daging ayam yang menyatu dengan bumbu dan santan itulah yang menjadi keistimewannya. 

AYO BACA : Gubernur Khofifah: Pecel Telo Kuliner Wajib di Lumajang, Rasanya Endeus Banget

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bahkan tak bisa mengelak jika cita rasa Ayam Lodho khas Tulungagung ini memang sungguh nikmat. 

Di akun instgramnya beberapa waktu lalu ia mengunggah foto sedang menikmati Ayam Lodho dan memberikan komentarnya. 

"Siapa yang bisa menyangkal kenikmatan haqiqi ayam lodho khas Tulungagung ? Ayam kampung dimasak kemudian dibakar. Disiram kuah santan kental mirip opor dan disajikan dengan nasi putih hangat dan lodeh yang pedas. Satu kata yang bisa menggambarkan itu semua. Mantul !"

Di Tulungagung sendiri kedai makanan yang menjual Ayam Lodho ini tersebar di sejumlah tempat. Salah satunya yang paling terkenal adalah Ayam Lodho Pak Yusuf di Jalan KHR Abdul Fattah No.88 di kawasan Pasar Ngemplak. Harga satu porsi Ayam Lodho biasanya Rp20 ribuan, sedangkan untuk ukuran ayam utuh bisa sampai Rp100 ribuan.  

AYO BACA : Gubernur Khofifah: Sego Gegok Trenggalek Dijamin Bikin Ketagihan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar