Kronologi Penangkapan Pemilik Counter HP Diduga Teroris di Rungkut Surabaya

  Jumat, 26 Februari 2021   Praditya Fauzi Rahman
[Ilustrasi] Penggrebekan dilakukan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri di sebuah counter handphone di Jalan Medokan Sawah nomor 121, Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) pada Jumat (26/2/2021) siang. (Ayobandung.com)

RUNGKUT, AYOSURABAYA.COM -- Penggrebekan dilakukan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri di sebuah counter handphone di Jalan Medokan Sawah nomor 121, Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) pada Jumat (26/2/2021) siang.

Ketua RT 01 RW 01 Medokan Sawah Supangin mengatakan, penggrebekan berlangsung sekira pukul 11.30 WIB. Berdasarkan kesaksiannya, saat itu ada sekitar 10 personel Densus 88 Anti Teror yang datang menggunakan 5 buah mobil tipe minibus.

Densus 88 Tangkap Pemilik Counter HP Diduga Teroris di Medokan Sawah Surabaya

"Kejadiannya sebelum Jumatan tadi, waktu mau Jumatan pemilik counter ditangkap. Saya dipanggil hadir sebagai saksi mata pas penggeledahan tadi," ujar Supangin saat dijumpai di kediamannya, Jumat (26/2/2021).

Supangin menambahkan, saat itu ada juga pihak kepolisian dari Polsek Rungkut Surabaya. Dalam penangkapan, petugas mengamankan seorang terduga teroris yang merupakan pemilik counter handphone berinisial AIH.

Saat penggrebekan tersebut, kata Supangin, petugas mengamankan beberapa barang bukti seperti panah, samurai, hingga perlengkapan taekwondo. Selanjutnya, Agus digelandang menuju Jakarta untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Bilangnya dibawa ke Jakarta, tadi istrinya bilang 'kalau tidak terbukti bersalah minta dipulangkan'. Anaknya 6, Mas. Yang terakhir mondok. Beliau juga dikenal baik kok di sekitar ini," ujar pria yang tinggal di Jalan Medokan Sawah nomor 125 Surabaya itu.

Saat di lokasi, counter milik terduga pelaku sepi. Tak ada aktivitas transaksi pulsa, voucer, dan sebagainya. Namun, terlihat beberapa anak dari Agus sedang mengintip dari lantai 2 dan 3 bangunan rumah tersebut.

Supangin menegaskan, Agus dikenal baik selama tinggal di kampungnya. Menurutnya, Agus supel dan sering bertegur sapa dengan warga sekitar.

"Orangnya supel, saya kan masih 1 periode menjabat. Tapi sejak 3 periode (sekitar 15 tahun) sudah tinggal di sini," kata dia.

Densus 88 Tangkap Pemilik Counter HP Diduga Teroris di Medokan Sawah Surabaya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar