Mencicipi Kuliner Nikmat ala Kapasan Dalam usai Cap Go Meh

  Senin, 01 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Warga Kapasan Dalam Surabaya menjajakan Lontong Cap Go Meh dan kuliner khas Tionghoa, Senin (1/3/2021). (Istimewa)

SIMOKERTO, AYOSURABAYA.COM -- Warga Kampung Pecinan di Kapasan Dalam Surabaya telah melaksanakan perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzi Li dan Cap Go Meh beberapa hari lalu. Namun, ada yang unik di balik perayaan Cap Go Meh tersebut.

Saat AyoSurabaya.com mengunjungi kampung pecinan di Surabaya Timur itu, ada sajian lontong Cap Go Meh. Saat itu, warga terlihat menyantap sajian khas warga Tionghoa sembari menerapkan protokol kesehatan ketat.

Bendahara Rukun Warga 8 Kapasan Dalam, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya, Cyandra mengatakan, tak ada batasan akhir dari perayaan Cap Go Meh itu. Hanya saja, warga Tionghoa lebih menyemarakkannya dengan cara memakan Lontong Cap Go Meh.

"Selain lomba menghias kampung dengan cat dan aksesoris, warga juga makan lontong Cap Go Meh," kata Cyandra, Senin (1/3/2021).

Berdasarkan sejarah yang diruntut dari nenek moyang secara turun temurun, Cyandra mengungkapkan, potongan lontong yang bulat diyakini mewakili bentuk bulan purnama yang muncul di tanggal 15. Kemudian, lauknya, yakni sambal goreng hati sapi dan opor ayam, dalam tradisi Jawa adalah masakan spesial. Karena itu, hal tersebut kerap ditemui saat perayaan atau lebaran saja, jarang ditemukan pada hari-hari biasa.

Di kota pahlawan, makanan Cap Go Meh bisa didapat di beberapa kedai. Setiap kedai memiliki ciri khas dalam menyajikannya.

Cyandra mengatakan, depot miliknya yang menyatu dengan kediamannya tak hanya menyajikan lontong saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh saja, di hari-hari biasa juga dia tetap membuka warungnya.

Bila pelanggan enggan datang langsung, ada alternatif lainnya, yakni melakukan order via daring melalui ojek daring.

"Kami juga melayani via online, tidak perlu susah payah ke sini, tunggu di rumah saja," katanya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar