3 Kriteria Penerima Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Selama 3 Bulan

  Senin, 01 Maret 2021   Aini Tartinia
Orang tua mendampingi anaknya melakukan pembelajaran jarak jauh. (ayosurabaya)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, menyampaikan kelanjutan program kuota internet gratis 2021 untuk siswa dan pendidik di berbagai jenjang pendidikan untuk tiga bulan ke depan yang dimulai dari bulan ini.

Nadiem menyampaikan kriteria penerima yang menerima bantuan ini, yakni:

  1. Semua penerima kuota internet gratis pada November 2020 hingga Desember 2020 lalu dan nomornya aktif, secara otomatis bakal menerima bantuan kuota internet gratis ada Maret 2021.
  2. Pengecualian untuk penerima yang total penggunannya kurang dari 1 GB.
  3. Pimpinan satuan pendidikan tidak perlu lagi mengunggah SPTJM bagi yang sudah menerima kuota internet gratis pada November 2020 hingga Desember 2020. 

Melansir dari siaran YouTube Kemendikbud RI pada Senin (1/3/2021), Nadiem mengaku banyak orangtua dan siswa yang merasa terbantu dengan bantuan kuota internet dari pemerintah, meskipun terkadang susah mencari sinyal.

"Walaupun kadang-kadang sulit mencari posisi sinyal yang baik, karena (kuota internet gratis) itu mereka bisa dari sisi ekonomi orangtuanya tidak menjadi beban ekonomi," ujarnya.

Ia juga menuturkan, bantuan pemerintah berupa kuota umum ini dapat digunakan siswa dan pendidik untuk mengakses berbagai laman dan aplikasi sesuai dengan kebutuhan. 

"Laman atau aplikasi yang sudah diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan data internet Kemendikbud, tidak dapat diakses menggunakan bantuan ini," kata Nadiem.

Diketahui, penggunaan bantuan kuota tersebut bisa digunakan secara fleksibel dengan maksimal penggunaan sebagai berikut:
a. Peserta didik PAUD: 7 GB per bulan.
b. Peserta didik jenjang pendidikan dasar hingga menengah: 10 GB per bulan. 
c. Pendidik PAUD hingga menengah: 12 GB per bulan. 
d. Mahasiswa dan dosen: 15 GB per bulan. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar