6 Makanan Enak Ini Cegah Gendut, Cocok untuk Diet

  Rabu, 03 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] 6 Makanan Ini Cegah Gendut, Bagus untuk Diet dan Orang Sibuk. (Pixabay/Silviarita)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Saat pandemi Covid-19, berat badan mungkin akan bertambah karena jarang beraktivitas maupun bekerja di rumah atau WFH. Namun, Anda dapat mencegahnya dengan tetap mengonsumsi 6 kategori makanan sehat yang mencegah gendut.

Melansir dari Insider, Samantha Cassetty, RD, pakar nutrisi dan kesehatan nasional yang berbasis di New York City menyarankan untuk fokus pada 6 kategori makanan, yakni buah-buahan, sayuran, produk susu, protein, lemak, dan biji-bijian agar berat badan tidak membesar.

Menurut Cassetty, tidak masalah jika Anda membeli 6 makanan tersebut dalam versi segar, beku, kalengan, atau kering.

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

"Pastikan untuk menyediakan makanan segar terlebih dahulu kemudian baru menggunakan makanan tahan lama untuk persediaan bahan makanan," kata Cassetty.

Jika Anda mengkhawatirkan kualitas sayuran dan buah beku, tak perlu lagi khawatir karena sebuah studi di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan perbedaan jumlah kandungan antara makanan segar dan beku.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Berikut beberapa kategori makanan terbaik yang disarankan oleh Cassetty, antara lain:

1. Buah

Dalam kategori buah, Cassetty menyarankan Apel, pir, beri beku, mangga kering tanpa pemanis, persik kalengan (kalengan dalam jus), jus jeruk 100%.

2. Sayuran

Sayuran yang perlu ada di menu makanan Anda adalah kubis, kubis Brussel, wortel, kacang hijau beku, sayuran tumis beku, tomat kaleng, labu kalengan, hati artichoke kalengan, edamame beku, kangkung, bit, dan keripik wortel.

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

3. Produk Susu

Pada produk susu, Cassetty menyarankan pilihan susu tanpa pemanis, keju keras, keju parut tanpa rasa, dan Greek yoghurt.

4. Protein

Dada ayam segar, telur, udang beku, kacang kalengan atau kering, tuna kalengan dan sarden, pasta kacang arab atau lentil.

Cara Diet Ampuh Turunkan Berat Badan dalam Sekejap

5. Lemak Sehat

Produk lemak sehat yang disarankan oleh Cassetty adalah kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, almond, pistachio, kemudian lemak biji-bijian seperti seperti chia, rami, biji rami, biji labu, dan biji wijen, alpukat, extra virgin dan minyak alpukat, dan selai kacang.

6. Biji-bijian

Kategori biji bisa sehat yang disarankan adalah oatmeal, quinoa, beras merah rendah gula, sereal gandum utuh berserat tinggi, kerupuk gandum atau biji-bijian, tepung gandum dan almond.

Aroma Lemon Bisa Membuat Orang Merasa Langsing

Mana yang Lebih Cepat Bikin Gemuk, Mi Instan atau Nasi?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar