Mobil Jadi Murah Usai PPnBM Diterapkan, Wong Suroboyo Senang

  Rabu, 03 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
[Ilustrasi] Harga mobil menjadi lebih murah usai diterapkannya PPnBM oleh pemerintah. (Unsplash/Aaron Burden)

WONOKROMO, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah resmi menerapkan insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) pada Senin (1/3/2021). Masyarakat yang hendak membeli mobil pun disarankan melakukannya dalam waktu dekat.

Lalu, bagaimana tanggapan dari masyarakat di Surabaya perihal tersebut?

Luhur Pambudi, warga Mojosari Rejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, menyambut baik soal diskon PPnBM itu. Menurutnya, dengan adanya relaksasi itu, dia dapat segera membeli mobil yang diidamkan.

"Kebetulan saya mau ambil cicilan mobil. Nah kan ada PPnBM ini, ya malah enak to, Mas. Harganya jadi lebih murah," kata pria yang akrab disapa Pambudi itu kepada AyoSurabaya.com, Rabu (3/3/2021).

Pambudi mengatakan, harga pembelian mobil baru tak hanya dirasakan dirinya. Masyarakat lain pun demikian. Dia berharap dengan adanya relaksasi PPnBM dapat mendongkrak kembali perekonomian Indonesia yang lesu akibat badai pandemi Covid-19.

"Semoga ekonomi juga cepat pulih lah, virus corona juga ndang ngaleh (cepat pergi). Biar aktivitas bisa kembali normal," kata pria berusia 26 tahun itu.

Senada, Tyas Susiawati mengaku senang dengan adanya diskon PPnBM dari pemerintah. Dengan demikian, dia merasa lebih ringan mengambil kredit mobil baru dengan brand Toyota yang diidamkannya.

"Rencananya mau beli Calya, eh kok kebetulan ada diskon itu (PPnBM) dari pemerintah. Ya alhamdulillah," kata wanita 59 tahun itu.

Serupa dengan Pambudi, warga Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, itu ingin khalayak dapat merasakan hal serupa. Dengan demikian, penerapan PPnBM dapat berlaku secara efektif atau tepat sasaran.

"Kalau harapannya yang pasti ya bisa dirasakan semua pihak ya, tidak hanya kalangan tertentu," tuturnya.

Sebelumnya, relaksasi PPnBM tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021. Dalam pasal 5 disebutkan, PPnBM ditanggung pemerintah atas penyerahan kendaraan bermotor (mobil) sebanyak 100%.

Sesuai alur, potongan PPnBM 100% akan berlaku sejak Maret sampai Mei 2021. Dalam periode Juni sampai Agustus 2021, PPnBM yang ditanggung pemerintah hanya 50%. Di periode akhir tahun atau September sampai Desember 2021, diskonnya hanya 25%

Mobil dengan kapasitas isi silinder di bawah 1.500 CC telah memiliki industri yang besar di Indonesia, dengan penggunaan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 70%. Oleh karena itu, dapat memberikan dampak yang luas saat jumlah penjualan terdongkrak.

Namun, diskon PPnBM hanya berlaku untuk kendaraan bermotor station wagon atau sedan dengan dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Lalu, untuk kendaraan bermotor yang mengangkut kurang dari 10 orang, termasuk pengemudi selain station wagon atau sedan dengan spesifikasi serupa dan sistem 1 gardan penggerak (4x2) berkapasitas mesin 1.500 cc.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar