Cara Alami Kontrol Gula Darah dengan Air Kelapa

  Rabu, 03 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Air kelapa kaya akan manfaat kesehatan, mulai dari membantu diet untuk menurunkan berat badan hingga membantu mengontrol kadar gula darah. (Unsplash/Markus Winkler)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Air kelapa kaya akan manfaat kesehatan, mulai dari membantu diet untuk menurunkan berat badan hingga membantu mengontrol kadar gula darah.

Melansir dari Healthshots, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan, air kelapa meringankan diabetes. Berikut 6 manfaat air kelapa dalam mengontrol kadar gula darah, antara lain:

1. Meningkatkan laju metabolisme

Air kelapa adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan laju metabolisme. Minuman ini meningkatkan perasaan kenyang, menjaga nafsu makan terkendali dan juga memudahkan pencernaan. Metabolisme yang meningkat membantu tubuh Anda mencerna makanan secara efektif.

Khasiat Si Super Pahit Mengkudu, Meningkatkan Kekebalan dan Menurunkan Kadar Gula Darah

2. Dikemas dengan nutrisi penting

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi dan mineral. Minuman alami ini kaya serat, kalium, kalsium, magnesium, natrium, dan zat besi. Komponen ini menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Minuman Sehat Segar Sederhana ala Gubernur Khofifah, Bisa Menurunkan Gula Darah

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang buruk adalah masalah umum bagi mereka yang menderita diabetes. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah penglihatan, kram otot, dan gagal ginjal.

Air kelapa dikenal dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menormalkan aliran darah dalam tubuh, memastikan Anda terhindar dari masalah yang terjadi karena sirkulasi darah yang buruk.

Cara Alami Turunkan Gula Darah dengan Jambu Biji

4. Membantu menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan masalah dengan kadar gula darah Anda. Selain itu, penderita diabetes kerap mengalami kenaikan berat badan yang tidak biasa. Namun, air kelapa rendah kalori dan dikemas dengan bio-enzim yang dikenal bisa meningkatkan pencernaan.

Minum air kelapa secara teratur membantu menghindari makan berlebihan dan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi.

5 Makanan Ini Turunkan Gula Darah, Bantu Atasi Masalah Diabetes

5. Memiliki indeks glikemik rendah

Air kelapa memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung jumlah gula alami yang sangat rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar glukosa Anda.

6 Tanda Kadar Gula Darah Tinggi, Selalu Lelah dan Lapar

6. Kaya serat

Air kelapa kaya akan serat makanan dan juga mengandung asam amino yang membantu mengontrol kadar gula Anda. Serat membantu pencernaan gula dalam tubuh dan memperbaiki kondisi penderita diabetes.

7 Makanan Ini Turunkan Gula Darah Pengidap Diabetes, Sudah Konsumsi?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar