Hari ke-4 Diskon PPnBM: 20 Unit Mobil Auto2000 Kertajaya Terjual

  Kamis, 04 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Seorang pelanggan sedang memilih mobil yang akan dibeli di depan Avanza dan Yaris di lantai 2 Dealer Auto2000 Cabang Kertajaya Surabaya, Kamis (4/3/2021). (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

SUKOLILO, AYOSURABAYA.COM -- Pemberian diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) oleh pemerintah disambut baik oleh masyarakat. Begitu pula dengan para produsen otomotif roda empat di kota pahlawan. 

Kepala Cabang Auto2000 Kertajaya, Faris Henky Irawan, mengatakan stimulus PPnBM 0% yang diberikan pemerintah dirasa tepat. Terlebih untuk mobil dengan kategori 1500 cc ke bawah yang menurutnya kian diminati publik. 

Henky menjelaskan sampai saat ini ada lima dari enam jenis mobil besutan Toyota yang masuk dalam daftar diskon PPnBM. 

AYO BACA : 6 Tipe Pengendara Motor di Surabaya, Kamu Termasuk yang Mana?

"Ada 5 (jenis mobil yang masuk PPnBM), yaitu Avanza, Sienta, Rush, Vios, dan Yaris," kata Henky saat dijumpai AyoSurabaya.com, Kamis (4/3/2021). 

Henky menambahkan masyarakat harus pintar-pintar memanfaatkan peluang emas ini. Mengingat, kebijakannya diskon PPnBM 100% hanya berlaku selama tiga bulan saja. Meski begitu, Henky menyebut tak ada pengaruh dengan harga mobil yang dijajakannya. Lantaran, potongan PPnBM hanya diberikan kepada masyarakat atau konsumennya saja. 

Perihal jumlah stok kendaraan yang ada, tergantung dari kuantitas produksi dari pusat, yakni Jakarta. Henky menuturkan, jumlah kendaraan yang ada di cabangnya terbatas dan mengikuti alur pendistribusian dari pusat. 

AYO BACA : Ngaku Berpengetahuan Luas? Coba Ikuti Tes Kode Plat Mobil Ini

"Kalau stok, itu kan tergantung kapasitas produksi. Jadi, ini juga bisa berlaku ganda, karena ini kan bicaranya stok atau supply secara nasional. Kalau untuk masing-masing dealer Toyota memang ada keterbatasan, tergantung kondisi pabrik kan. Karena, kalau bicara pabrikan, kita tidak bisa serta merta meningkatkan kapasitas produksi, jadi jumlahnya berapa kita tidak tahu persisnya, itu tergantung dari Jakarta, karena secara nasional," sambungnya. 

Menurut Henky, pihaknya sudah mengikuti kebijakan pemerintah sejak Senin (1/3/2021) lalu. Lantas, ia mengimbau kepada masyarakat untuk bergegas memanfaatkan kesempatan baik ini untuk membeli mobil. 

"Jadi, kalau ada pelanggan yang ingin mendapat fasilitas PPnBM ini, harus lebih cepat. Siapa cepat, dia dapat," pintanya.

Dalam empat hari pemberlakuan diskon PPnBM, sambung Henky, cabangnya sudah kebanjiran order. Sampai Kamis (4/3/2021) ini, sudah ada puluhan konsumen yang datang ke dealernya untuk membeli mobil dengan jenis LCGC itu.

"Di cabang Kertajaya sini sendiri, kita ada 20an totalnya (yang laku terjual), didominasi Avanza. Kalau pembeli kami macam-macam (segmentasi / pasar), 30%-40% itu korporasi," tutupnya.

AYO BACA : Virus Corona B117 70 Kali Lebih Menular, Gubernur Minta Warga Jatim Tidak Lengah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar