2 Makanan Enak Ini Bantu Atasi Masalah Diabetes Tipe 2

  Jumat, 05 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
Jeruk, salah satu buah enak yang dapat membantu mengatasi diabetes tipe 2. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Diabetes tipe 2 dapat memicu masalah kesehatan serius, seperti kerusakan saraf, penyakit jantung, ginjal, dan kerusakan mata. Karena itu, sangat penting bagi penderita untuk menjaga kadar gula darah.

Melansir Himedik.com, Dr Brewer merekomendasikan dua jenis makanan yang bisa membantu mengelola diabetes tipe 2 secara efektif. Dua makanan itu adalah jeruk dan tomat.

Dr Brewer mengatakan, jeruk memiliki tingkat antioksidan vitamin C, antosianidin, dan flavon yang tinggi, terutama jeruk merah.

Diet dengan Jeruk Nipis, Efektifkah?

Minum Air Perasan Jeruk Nipis Tiap Pagi, Bahaya atau Menyehatkan?

Baru-baru ini, jeruk merah terbukti mengandung cyanidin-3 glukosida dan delphinidin-3 glukosida. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan sekresi insulin untuk meningkatkan toleransi glukosa.

Sementara itu, tomat juga sumber likopen yang tinggi. Antioksidan yang dilepaskan dalam jumlah tinggi oleh tomat bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung.

Selain itu, minum jus tomat secara rutin bisa melindungi diri dari kolesterol jahat bagi penderita diabetes tipe 2. Anda bisa mengonsumsi tomat dan jeruk secara bergantian untuk membantu mengontrol gula darah.

Sementara itu, Anda bisa mengonsumsi makanan pokok yang dimasak menggunakan minyak zaitun, sumber lemak tak jenuh tunggal, dan tinggi antioksidan.

Harus Coba! 10 Bahan Alami Ini Ampuh dan Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Minuman Sehat Segar Sederhana ala Gubernur Khofifah, Bisa Menurunkan Gula Darah

"Mengikuti pola makan ala Mediterania yang kaya minyak zaitun diprediksi bisa mencegah lebih dari 90 persen diabetes tipe 2 bila dikombinasikan dengan olahraga teratur," kata Dr Brewer dikutip dari Express.

Dr Brewer juga menyarankan menambahkan beberapa bumbu dapur dalam masakan Anda yang baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Bumbu dapur itu termasuk kayu manis, jahe, fenugreek, kunyit, jinten, biji ketumbar,dan daun kari. Semua bumbu dapur itu bermanfaat untuk mengontrol glukosa.

Kemudian, sarapan yang tergolong ramah bagi penderita diabetes termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan yoghurt. Kacang-kacangan bisa membantu mengontrol kadar gula darah karena merupakan makanan rendah glikemik.

"Jika bicara tentang makanan untuk penderita diabetes tipe 2, tidak semua kentang baik. Konsumsi ubi yang kaya serat baik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali," jelas Dr Brewer.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar