Tidur Siang Lebih dari Satu Jam Buruk bagi Kesehatan Jantung

  Sabtu, 06 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Tidur siang lebih dari satu jam tidak baik untuk kesehatan jantung. (Unsplash/Gregory Pappas)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Tidur siang dengan durasi lebih dari satu jam ternyata membahayakan kesehatan jantung. Hal tersebut berdasarkan sebuah studi dari Cina yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan European Society of Cardiology.

Melansir dari Insider, para peneliti dari Universitas Kedokteran Guangzhou China mengamati 20 penelitian sebelumnya mengenai tidur siang, penyakit jantung, dan risiko kematian. Data yang dikumpulkan berasal dari 313.651 peserta menunjukkan sepertiga di antaranya atau 39 persen melaporkan tidur siang secara teratur.

Manfaat Minum Susu sebelum Tidur

Para peneliti menyimpulkan bahwa tidur siang dalam durasi berapapun meningkatkan risiko kematian seseorang sebesar 19 persen. Hal ini disebabkan karena peserta menggunakan tidur siang sebagai pengganti tidur malam nyenyak yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

"Orang yang tidur siang selama 60 menit atau lebih, memiliki risiko tertinggi," catat para peneliti.

Menurut penelitian, orang-orang dengan tidur siang 60 menit atau lebih bisa meningkatkan risiko kematian dini sebanyak 30 persen dan meningkatkan penyakit jantung sebanyak 34 persen.

Cara Alami Mengontrol Gula Darah dengan Susu Murni

"Temuan penelitian ini didasarkan pada penelitian yang ada dan menunjukkan bahwa tidur siang yang lama dapat menyebabkan peradangan, tekanan darah tinggi, dan diabetes," kata penulis utama studi Dr. Zhe Pan.

Waktu Tidur Siang yang Ideal

Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa tidur siang dengan durasi lebih sebentar dapat meningkatkan kesehatan jantung bagi orang yang kurang tidur. Temuan tersebut menujukkan bahwa tidur siang yang singkat dalam rentang 30 hingga 45 menit dapat meningkatkan kesehatan jantung seseorang.

Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang yang lebih singkat dapat meningkatkan kesehatan jantung pada orang yang kurang tidur di malam hari.

7 Dampak Buruk Tidur Pagi Setelah Begadang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar