Bahasa Jawa Timuran Diangkat di Film Terbaru Bayu Skak, Syuting Akan di Surabaya

  Sabtu, 06 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
Di film terbarunya, Bayu Skak akan mengangkat bahasa daerah Jawa Timur, porsinya hingga 80%. (Istimewa)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Aktor yang juga sutradara, Bayu Skak, memproduksi film drama komedi dengan menggunakan Bahasa Jawa, berjudul “Lara Ati”.

Film ini mengangkat berbagai kisah tentang sakit hati yang menjadi bagian dari perjalanan hidup semua orang.

"Film ini menceritakan Joko yang selalu sakit hati bukan hanya karena urusan cinta tapi juga dengan kehidupannya," kata Bayu dalam virtual conference, Jumat, (5/3/2021).

Sinopsis Film Mortal Kombat 2021 Ada Joe Taslim dan Jadwal Tayangnya

Joko bercita-cita sebagai seorang desainer. Namun cita-citanya ini ditentang oleh sang ibu, yang menginginkannya untuk kuliah jurusan akuntansi.

"Dia jalanin yang bukan keinginannya dia. Ketika lulus dia menjadi pekerja di sebuah bank, kerja di sebuah kantor yang bertolak belakang dengan karakternya. Sakit hati ini yang ingin kita perlihatkan," ujar Bayu.

Bayu juga menjelaskan dalam film “Lara Ati” sebanyak 80% dialognya menggunakan Bahasa Jawa.

Keranjingan Film Panas, Anak Tiri Jadi Korban

"Kita akan menggunakan Bahasa Jawa yang luas namun dengan Bahasa Jawa Timur yang tidak kita tinggalkan," kata Bayu.

Di sisi lain, Tatjana Saphira dan Shahila Hisham yang ikut berpartisipasi dalam film ini juga memiliki tantangan tersendiri ketika berdialog. Keduanya bukan besar dan lahir sebagai orang Jawa.

Tatjana Saphira mengaku harus sering-sering mendengar rekaman suara hasil latihannya berbicara bahasa Jawa untuk film ini.

7 Orang yang Doanya Tidak Ditolak

"Karena di lingkunganku enggak ada yang bisa bahasa Jawa. Selain dengerin voice note dari hasil latihan, aku juga sering dengerin podcast yang direkomendasikan dari Bayu. Aku lihat film Bayu yang ‘Yowes Ben’," kata Tatjana.

Sementara itu, Shahila Hisyam melatih kemampuan berbicara bahasa Jawanya dengan berkomunikasi bersama Bayu Skak.

"Aku awal belajar sama Bayu persiapan untuk reading lumayan sering. Setiap pertemuan pertama sampai sekarang aku juga sering ngerekam suara apa yang aku ucapkan dan selalu diulang-ulang dan sampai pertemuan keenam sudah lumayan," kata Shahila Hisyam.

Kota Bandung dalam 2 Film Bisu

Bayu pun mengajak pemain dan seniman dari Jawa Timur, seperti para pelawak sekaligus pemain ludruk populer, yaitu Cak Kartolo, Cak Sapari, Ning Tini, dan Eko Londo. Ada juga Timo Scheunemann atau sering dikenal dengan Coach Timo, yang akan meramaikan jajaran pemain di film ini.

Produksi “Lara Ati” akan dilakukan di pertengahan bulan Maret ini. Proses syuting sepenuhnya akan dilakukan di Surabaya dan sekitarnya, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. Film diharapkan dapat tayang di Bioskop di akhir 2021.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar