6 Cara Sederhana Tingkatkan IQ, Termasuk Nonton Film

  Sabtu, 06 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] 6 cara sederhana tingkatkan IQ. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Intelligence Quotient (IQ) adalah skor dari tes standar yang dirancang untuk menilai kecerdasan manusia. IQ mengukur kemampuan kognitif seseorang dalam kelompok umurnya masing-masing. IQ antara 90 hingga 110 dianggap rata-rata, sedangkan IQ di atas 120 dianggap lebih tinggi. Lantas, bagaimana caranya untuk meningkatkan IQ seseorang?

Di era kompetitif saat ini, kecerdasan memiliki peran penting karena berpengaruh terhadap kinerja saat bersekolah, bekerja, dan sebagainya.

Namun, IQ setiap orang berbeda. Bahkan, saudara sedarah pun tingkat kecerdasan tidak sama. Meski begitu, ada enam cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan IQ, seperti yang dilansir dari Boldsky, Sabtu (6/3/2021), berikut ini:

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Untuk meningkatkan IQ dan keterampilan kognitif, Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Kandungan dalam makanan yang sehat akan memelihara sel-sel otak. Karenanya, Anda dapat menyerap dan menyimpan informasi dengan baik.

2. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur juga dapat membantu meningkatkan IQ secara drastis. Berolahraga membuat otak sehat karena aliran darah mengalir lancar.

3. Meditasi

Meditasi secara teratur dapat membantu materi kelabu di otak Anda tumbuh, yang berdampak pada meningkatnya IQ.

4. Bermain gim

Bermain gim teka-teki silang, sudoku, permainan memori, dan lain-lain, juga dapat meningkatkan IQ Anda. Hal ini karena Anda terus melatih otak untuk berpikir, mengingat, dan memecahkan masalah.

5. Membaca buku dan atau menonton film

Kiat lain untuk meningkatkan IQ yaitu membaca buku-buku menarik dan atau menonton film dokumenter yang merangsang pikiran. Dua kegiatan ini dapat membuat sel-sel otak Anda lebih aktif.

6. Mempelajari keterampilan baru

Untuk meningkatkan IQ, Anda harus mempelajari keterampilan baru yang Anda minati, seperti menyanyi, melukis, menari, dan lain-lain.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar