Hendak Bawa DPO Narkoba, Mobil BNNP Jatim Malah Dirusak Massa

  Minggu, 07 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Mobil BNNP Jatim yang dirusak massa.

SAWAHAN, AYOSURABAYA.COM -- Kabid Pemberantasan Badan Narkotiuka Nasional Provinsi Jawa Timur (BNNP Jatim) Kombespol Monang Sidabukke membenarkan perihal penangkapan terduga tersangka peredaran narkoba di Sokobanah, Sampang, Madura yang sempat viral dan beredar di media sosial. Monang menjelaskan, kronologi penangkapan itu bermula saat BNNP Jatim akan melakukan pemetaan terhadap kasus narkotika di wilayah tersebut.

Ketika tengah melakukan pemetaan di kawasan Sokobanah itu, petugas berpapasan dengan seseorang yang telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) berinisial HS, tersangka kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 3 kg dari arah yang berlawanan.

“Petugas putar balik, berusaha mengejar. Tapi kehilangan jejak," terang Monang kepada awak media, Minggu (7/3/2021).

Agar jejak HS tak menghilang, petugas BNNP Jatim menuju polsek setempat, yaitu polsek Sokobanah untuk berkoordinasi. Kemudian mereka mencari di sekitar lokasi berpapasan dengan HS sebelumnya. Saat dikroscek lebih detil, HS diketahui berada di sekitar rumahnya yang letaknya tak jauh dari lokasi awal. 

AYO BACA : AHY Nyatakan Moeldoko Musuh Bersama

Tak berpikir panjang, dilakukanlah pengejaran teerhadap HS. Selanjutnya, HS yang sempat diamankan di dekat rumahnya, akan digelandang menuju Kantor BNNP Jatim untuk diproses lebih lanjut. 

Sayangnya, upaya itu mengalami kendala lantaran dihadang massa yang terlihat sedang membawa kayu dan celurit. Massa itu mendekati petugas gabungan dengan sajam dan kayu sambil berteriak teriak serta menghalangi petugas untuk mengamankan HS. Kemudian, HS dibawa pergi massa.

“Kami (BNNP Jatim) memberikan pengarahan pada Kepala Desa dan tokoh masyarakat di daerah itu, untuk mendukung BNN dan aparat hukum dalam melaksanakan tugas,” sambung Monang.

Monang menyebutkan, saat itu ada 4 petugas dari BNNP Jatim dan 3 personel dari polsek setempat. Beruntung tak ada korban jiwa dan luka dalam insiden itu. Selanjutnya, petugas BNNP memberikan surat penangkapan dan berharap pelaku datang menyerahkan diri.

AYO BACA : Annisa Pohan Ungkap Dugaan Sumber Biaya Penyelenggaraan KLB Partai Demokrat

"Petugas tidak ada yang terluka. Tersangka dibawa lari warga,” tutur polisi dengan 3 melari dipundaknya itu.

Akibat kejadian tersebut, sebuah mobil milik BNNP Jatim rusak. Ban robek dan kaca pecah akibat dilempar batu oleh massa. Belum diketahui pasti berapa total kerugian materiil dalam insiden itu.

Sebelumnya, sebuah video viral di beberapa media sosial. Dalam video itu, terlihat sejumlah orang membawa sajam jenis celurit dan bongkahan kayu saat petugas gabungan akan membawa seorang DPO berinisial HS. 

Selain mengamuk petugas, massa juga memaksa untuk melepas seorang pria yang telah ditangkap yang diduga turut terlibat dalam narkotika.

 

AYO BACA : Kaesang-Felicia Putus, Nama Jokowi Dibawa-bawa

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar