Selain Tilang Elektronik, Warga Surabaya Bisa Kena Tilang dengan INCAR, Apa Itu?

  Senin, 08 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Kamera INCAR dipasang di sejumlah motor petugas untuk mematroli warga Surabaya agar tertib lalu lintas di luar tilang elektronik. (Satlantas Polrestabes Surabaya)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM – Pengendara kendaraan bermotor wajib tertib mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jika tidak, Anda bisa kena tilang lewat tilang elektronik maupun INCAR.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra mengatakan, electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di kota pahlawan telah berjalan sejak 2020. Selain itu, terkini, personel Satlantas akan dilengkapi Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).

"Beliau (Dirlantas) mengeluarkan inovasi baru untuk mobile-nya, INCAR namanya," kata Teddy, Senin (8/3/2021).

Tilang Elektronik Surabaya Berbeda dengan Jakarta?

Dengan begitu, akan ada mobil petugas yang dilengkapi INCAR yang bertugas mengawasi beberapa ruas jalan yang tak terekam camera ETLE di Kota Surabaya. Diharapkan, hal itu mampu menekan angka pelanggaran dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas masyarakat di jalan raya.

"Ada 1 unit kamera dipasang di mobil patroli, nanti meng-cover ETLE yang statis, yang terpasang di 39 titik," kata polisi dengan 2 melati di pundaknya itu.

Kota Surabaya sebelumnya memiliki 23 kamera ETLE, kemudian bertambah menjadi 39 kamera ETLE yang terpasang di beberapa titik atau ruas jalan di sejak tahun 2019.

4 Lokasi yang Akan Dipasang CCTV E-Tilang di Kota Malang

"Nanti, progresnya akan ditambah lagi jumlahnya," katanya.

Selain di mobil, INCAR juga akan digunakan di 6 sepeda motor patroli Tim Urais. Aplikasi INCAR yang terkoneksi langsung di tilang elektronik itu akan mendukung fungsi pengawasan yang tak terpantau ETLE.

"Nanti, mobile di ruas-ruas Jalan Surabaya, bisa meng-capture pelanggaran yang tidak terekam camera ETLE statis," katanya.

Denda Tilang Tidak Pakai Helm dan Tak Bawa SIM Jadi Rp25 Ribu?

Menurutnya, ada sekitar 100 pelanggaran lalu lintas per hari. Selanjutnya, demi menghindari interaksi petugas dengan pelanggar di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), Satlantas Polrestabes Surabaya akan mendorong penerapan ETLE secara menyeluruh di Surabaya.

Warga Surabaya Bisa Bayar Tilang via Marketplace, Begini Caranya

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar