Cara Cepat Mengetahui Email Sudah Dibaca Penerima atau Belum

  Senin, 08 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Anda bisa mengetahui apakah email yang dikirim sudah dibaca oleh penerima atau belum. Email berbeda dengan Whatsapp yang memberikan tanda biru ketika sudah dibaca oleh penerima. (Unsplash/Stephen Phillips)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Anda bisa mengetahui apakah email yang dikirim sudah dibaca oleh penerima atau belum. Email berbeda dengan Whatsapp yang memberikan tanda biru ketika sudah dibaca oleh penerima.

Namun, cukup penting untuk mengetahui apakah email sudah dibaca atau belum oleh penerima. Hal itu karena jika Anda tahu orang tersebut telah membaca email tetapi belum membalas, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Namun, jika mereka belum membaca email, mungkin mereka sibuk dan Anda dapat memberi mereka sedikit lebih banyak waktu sebelum mengirimnya lagi. Sekarang ini tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk melacak apakah seseorang telah membaca email atau tidak.

1. Microsoft Outlook

Bagi pengguna Microsoft Outlook, sebenarnya perusahaan sudah membangun fitur tanda terima baca email dalam perangkat lunak. Hal yang perlu dilakukan hanyalah menyalakannya.

Buka file, kemudian pilih opsi. Pengguna kemudian bisa memilih Mail. Di bawah Tracking, pilih Delivery receipt yang mengonfirmasikan pesan dikirim ke server email penerima atau  Read receipt yang mengonfirmasi penerima melihat kotak centang pesan. Klik OK dan pengguna siap melakukannya.

Metode ini akan menerapkan permintaan tanda terima baca untuk semua email pengguna yang dikirim dari Outlook. Jika Anda tidak melihat kebutuhan untuk melacak setiap email tunggal, ada opsi untuk melacak email tunggal.

Tulis email baru, pilih kota centang di bawah Options, kemudian pilih Tracking. Klik Request a Read Receipt. Selesaikan menulis email Anda dan kirimkan. Anda akan diberi tahu saat pengguna membaca email Anda.

2. Gmail

Sementara itu, dengan Gmail, Google mengizinkan pelacakan email. Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk mereka yang berada di bawah program G Suite.

Ini berarti jika Anda memiliki akun Gmail yang untuk penggunaan pribadi, Anda tidak akan dapat menggunakan pelacak bawaan. Untuk Anda yang memiliki akun G Suite, maka ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk mendapat Read receipt email.

Tulis email baru di Gmail. Di bagian bawah jendela Write, klik More, kemudian Request read receipt. Setelah selesai menulis email Anda, tekan kirim dan Anda akan diberi tahu ketika email telah dibaca.

Selanjutnya, Mailtrack. Seperti yang dilansir dari Uber Gizmo, Selasa (12/5/2020), Mailtrack adalah ekstensi browser yang saat ini hanya berfungsi dengan Google Chrome.

Cara melacak email mirip dengan bagaimana messengers melacak pesan, dengan menampilkan satu centang jika email Anda dikirim tetapi tidak dibuka dan centang dua kali yang menunjukkan email telah dibuka (dan mungkin dibaca).

Mailtrack ini gratis untuk digunakan tetapi masalahnya adalah email sekarang akan berisi signature “Sent with Mailtrack” yang bisa dihapus dengan lima dolar Amerika Serikat (AS) sebulan. Berlangganan versi Pro  juga akan membuka kunci fitur tambahan yang mungkin dapat dihargai oleh bisnis dan profesional. Namun, versi gratisnya harus cukup baik untuk penggunaan individu dan pribadi. Jika tertarik memeriksanya, pengguna bisa mengunjungi Web Chrome Store untuk memasangnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar