Hati-hati, Daftar Makanan Ini Turunkan Kekebalan Tubuh

  Senin, 08 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Sejumlah makanan dapat memengaruhi kekebalan tubuh. Padahal kekebalan tubuh yang prima sangat dibutuhkan terutama saat pandemi Covid-19. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah makanan dapat memengaruhi kekebalan tubuh. Padahal kekebalan tubuh yang prima sangat dibutuhkan terutama saat pandemi Covid-19.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nature Communications menyatakan, konsumsi makanan atau minuman tinggi fruktosa (jenis karbohidrat sederhana yang terdapat di dalam gula) dapat menghambat fungsi kekebalan. Penelitian ini disusun para ilmuwan di Sekolah Kedokteran Universitas Swansea, Universitas Bristol, dan Institut Francis Clark di London.

Melansir Eat This, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa fruktosa dapat menyebabkan sistem kekebalan meradang. Proses ini kemudian dapat menghasilkan lebih banyak molekul reaktif yang terkait dengan peradangan.

Penelitian ini bukan yang pertama menyatakan bahwa gula dapat memicu peradangan di tubuh.

Peradangan adalah respons biologis alami terhadap benda asing atau penyusup yang dapat berkisar dari serpihan hingga patogen yang ditemukan dalam virus. Untuk mempercepat penyembuhan, tubuh melepaskan respons peradangan untuk menyerangnya.

Namun, saat tubuh terus-menerus memproduksi peradangan, saat itulah masalah bisa muncul.

"Peradangan merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh dan berperan dalam proses penyembuhan," kata Sydney Greene, MS, RD pada Eat This.

"Peradangan kronis telah terbukti berperan dalam berbagai penyakit seperti diabetes, alergi, dan penyakit kardiovaskular," imbuhnya. 

Karena itu, hindari makanan-makanan berikut ini yang dapat menyebabkan peradangan:

  1. Makanan olahan dengan kadar gula tinggi
  2. Makanan dengan asam lemak omega-6
  3. Makanan dengan natrium tinggi
  4. Makanan dengan zat aditif bermutu rendah

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar