2 Pengedar Uang Palsu Rp2,1 Miliar Dibekuk Polrestabes Surabaya

  Selasa, 09 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman
Satreskrim Polrestabes Surabaya meringkus 2 orang yang berupaya menyelundupkan uang palsu (upal) sekira Rp2,1 miliar berupa pecahan 100 dolar AS.

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Satreskrim Polrestabes Surabaya meringkus 2 orang yang berupaya menyelundupkan uang palsu (upal) sekira Rp2,1 miliar berupa pecahan 100 dolar AS.

“Ada 15.000 lembar, kalau ditotal sekitar hampir Rp2,1 Miliar. Bedanya, tidak presisi (dengan aslinya). Hasil labfor (laboratorium forensik) palsu, tapi kualitasnya cukup baik," kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Oki Ahadian, Senin (8/3/2021).

Uang palsu dari kedua orang tersangka, IWW (42) warga Denpasar dan SMJ (56) warga Bangli, Bali, itu diserahkan kepada seseorang berinisial F di Surabaya.

Oleh F, uang palsu itu dibawa ke sebuah pegawai bank yang lokasinya berada di kawasan Perak barat dengan maksud untuk ditabung. Lantaran jumlahnya terlalu banyak, pegawai bank menyarankan untuk dibawa ke sebuah bank yang terletak di Jalan Pahlawan, Surabaya, untuk dilakukan pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan barulah diketahui bahwa uang dolar yang diterima F palsu. Pegawai bank segera menghubungi polisi yang langsung mengusut kasus tersebut.

Kedua pelaku pun berhasil ditangkap. Kasus ini akan dikembangkan untuk mencari tahu adakah kaitan dengan jaringan uang palsu yang diungkap Polres Banyuwangi beberapa waktu silam.

"Kami dalami, jika ada (indikasi), tentu akan memudahkan kami untuk melakukan pengembangan," katanya.

Keduanya dijerat dengan Pasal 245 KUHP tentang peredaran uang palsu dan menghuni rutan Satreskrim Polrestabes Surabaya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar