Lebih Sehat Mana, Jus atau Smoothies?

  Rabu, 10 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Lebih sehat mana antara jus dan smothies? (Unsplash/Alexander Mils)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Lebih sehat mana antara jus dan smoothies?

Jus dan smoothies merupakan minuman bernutrisi yang juga menyegarkan. Tak mengherankan jika kedua minuman tersebut kerap jadi pilihan untuk mendukung gaya hidup sehat.

Secara umum, keduanya sering disebut minuman yang sama. Yakni sama-sama dibuat dari buah atau sayur, bisa juga kombinasi keduanya yang kemudian diblender untuk diminum. Bedanya, ada pada tingkat kepekatan minuman tersebut yang terlihat jelas.

Sebetulnya, antara jus atau smoothies, mana sih yang punya manfaat lebih besar untuk kesehatan?

Cara Aman Melakukan Diet Air Putih

Cerita Melly Goeslaw Sukses Turunkan Berat Badannya

Kaitan Antara Putus Cinta dan Penurunan Berat Badan

Smoothies dan Jus, Apa sih Bedanya?

Jus dibuat dengan proses juicing, dalam proses ini buah dan sayur atau kombinasi keduanya akan diambil (ekstraksi) air dan juga nutriennya. Sementara itu, sisa ampas dan serat yang tertinggal dalam juicer atau blender akan dibuang begitu saja.

Sebenarnya, penggunaan blender untuk membuat minuman jus adalah sesuatu yang salah kaprah. Padahal, proses tersebut sangatlah berbeda. Jus sebetulnya dibuat dengan menggunakan juicer, agar bisa memisahkan ekstrak sayur dan buah yang berupa air dari ampasnya.

Melalui proses tersebut, jus menjadi lebih mudah dicerna karena tak lagi mengandung serat. Dengan begitu, kandungan nutrisinya bisa diserap tubuh secara langsung

Berbeda dari jus, proses pembuatan smoothies justru menggunakan hampir semua bagian dari sayur dan buah. Terutama bagian yang dapat dimakan, kemudian diproses dengan menggunakan blender.

Dalam proses ini, semua bagian dari sayur dan buah akan dihaluskan. Serat dalam smoothies pun lebih gampang dicerna dibandingkan mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara langsung.

5 Sayuran Terbaik untuk Menu Diet

Panduan Diet GM, Metode Turunkan Berat Badan dengan Cepat dalam 7 Hari

4 Penyebab Paling Dasar Anda Selalu Gagal Diet

Lebih Sehat Smoothies atau Jus?

Membandingkan antara jus dan smoothies mana yang jauh lebih sehat, agaknya agak sedikit sulit dijawab secara langsung. Pasalnya, kedua jenis minuman sehat tersebut sama-sama memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Jus lebih mudah dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan

Diketahui bahwa jus memberikan manfaat luar biasa bagi mereka yang bermasalah dengan sistem pencernaannya. Hal ini karena jus memiliki kandungan dan tekstur yang cair, sehingga jauh lebih gampang dicerna. Hal ini membuat saluran pencernaan tak perlu bekerja dengan keras supaya nutrisi dalam jus bisa diserap oleh tubuh.

Jika tubuh sedang membutuhkan asupan energi yang bisa langsung dirasakan, maka jus bisa jadi pilihan yang tepat. Kandungan mineral dan vitamin yang kaya, ditambah lagi dengan tekstur jus yang cair akan membuatnya lebih cepat diserap oleh tubuh. Sehingga tubuh lebih mudah mendapatkan energi yang dibutuhkannya.

Daftar Sarapan Murah dan Enak untuk Turunkan Berat Badan

5 Manfaat Pepaya, Bantu Diet Cepat untuk Turunkan Berat Badan

Cocok untuk Diet, 5 Makanan Ini Bikin Kenyang Lebih Lama

Bukan cuma itu, konsumsi jus pun memungkinkan tubuh mendapatkan kebaikan dari sayur dan buah yang jauh lebih banyak, tapi tubuh tidak akan merasa kenyang lebih cepat. Sebab tekstur jus yang lebih cair, lain dengan smoothies yang teksturnya cenderung lebih kental, dan menyerupai bubur.

Meskipun demikian, proses pembuatan jus bisa dibilang sedikit lebih mubazir karena ampas dari buah dan sayur yang dijus terbuang begitu saja. Jadi tubuh tidak akan mendapatkan manfaat baik dari kandungan serat yang tinggi pada buah dan sayur secara maksimal.

Nutrisi pada smoothies lebih kaya serat

Lain halnya jika mengonsumsi smoothies, hampir semua bagian sayur dan buah yang diproses dalam blender tidak ada yang dibuang. Sehingga, semua manfaat dari sayur dan buah bisa dirasakan oleh tubuh. Dari mulai kandungan mineral dan  vitamin, hingga serat yang seperti kita ketahui punya manfaat luar biasa untuk kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, dengan mengkonsumsi smoothies juga tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini, karena kandungan serat dalam smoothies yang lebih tinggi dibandingkan dengan jus, sehingga cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Ditambah lagi, smoothies juga bisa dikreasikan sesuai selera dengan menambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, dan lain sebagainya sesuai selera.

Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Turunkan Berat Badan

Ini 10 Menu Camilan Sehat untuk Diet, Enak Semua dan Bikin Berat Badan Tak Naik!

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sarapan

Keduanya punya Kandungan Kalori yang Berbeda

Umumnya jus mengandung kalori lebih rendah jika dibandingkan dengan smoothies. Hal ini karena biasanya jus hanya dibuat dari sayur atau buah, kadang bisa kombinasi dari keduanya. Untuk menambahkan rasa biasanya hanya dimasukkan sedikit gula atau madu.

Sementara, smoothies memiliki  tekstur yang lebih padat dibanding jus karena umumnya ditambahkan dengan pengental. Misalnya seperti susu, yogurt, selai, tahu sutera, kacang, chia seed, madu, es krim hingga bubuk protein. Berbagai macam bahan tambahan tersebut yang akhirnya turut meningkatkan jumlah kalori dalam segelas smoothies.

Karenanya smoothies kurang cocok jika diminum bersama dengan menu makan besar yang lain. Pasalnya, bisa membuat asupan kalori berlipat ganda dalam tubuh.

Namun, jika Anda memasukan gula secara berlebihan saat membuat jus, maka ini juga kurang baik untuk tubuh.

3 Jenis Diet yang Dinilai Manjur Menurunkan Berat Badan

7 Cara Alami Menurunkan Berat Badan Secara Permanen

Diet Tidak Makan Malam, Bikin Cepat Kurus?

Jus atau Smoothies, Keduanya Sama-Sama Kaya Manfaat!

Sebenarnya, baik smoothies maupun jus sama-sama memberikan manfaat hang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika ingin memperoleh manfaat yang lebih maksimal dari sayur dan buah, ada baiknya menjadikannya smoothies. Supaya tubuh mendapatkan manfaat luar biasa yang dimiliki serat dari sayur dan buah.

Akan lebih baik lagi jika smoothies dan jus tadi diolah sendiri di rumah, tentunya tanpa pemanis tambahan. Lebih aman, sehat dan rasanya juga dijamin jauh lebih segar!

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar