Alasan Seseorang Tak Mau Resign meski Benci Pekerjaan, Anda Mengalami?

  Selasa, 09 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Alasan Seseorang Tak Mau Resign meski Benci Pekerjaan, Anda Mengalami? (Unsplash/Ahmad Gunnaivi)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Tidak sedikit orang yang membenci pekerjaannya tapi dia tak punya daya untuk resign. Apakah Anda mengalaminya?

Mungkin Anda juga merasakan hal yang sama. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa Anda tidak mau resign padahal membenci pekerjaan saat ini:

Tidak semua pekerjaan yang dijalani seseorang saat ini adalah pekerjaan yang dianggap nyaman oleh mereka. Terkadang ada sebagian karyawan yang merasa lelah, jenuh, atau bahkan membenci pekerjaannya saat ini. Ketika rasa tersebut mulai muncul, resign atau mengundurkan diri merupakan hal yang terlintas dipikiran.

6 Manfaat Jalan Kaki, Olahraga Murah Meriah

Meski terbilang sederhana, namun resign bukanlah hal yang mudah dilakukan bahkan oleh mereka yang membenci pekerjaannya. Ada banyak alasan mengapa seseorang ragu untuk mengundurkan diri dari perusahaan meskipun pekerjaan yang dimiliki tidak memberikan kenyamanan.

Mungkin Anda juga merasakan hal yang sama ketika pekerjaan saat ini terasa tidak menyenangkan namun ragu untuk memilih resign. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa Anda tidak mau resign padahal membenci pekerjaan saat ini:

1. Tidak Tahu Alasan Membenci Pekerjaan Saat Ini

Kebanyakan orang membenci pekerjaannya karena ada beberapa alasan yang mendasari, misalnya seperti gaji yang tidak sesuai dengan usaha, lingkungan kerja kurang kondusif, atasan tidak kooperatif, dan lain-lain. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda membenci pekerjaanmu tanpa alasan.

Sebenarnya bukan tanpa alasan, tapi Anda masih mencari tahu apa yang menyebabkan rasa tidak nyaman dalam pekerjaanmu saat ini. Karena hal tersebut, Anda menjadi tidak yakin jika resign merupakan keputusan yang benar.

 Pasalnya, ketika Anda tidak mengetahui apa yang menyebabkan rasa benci terhadap pekerjaanmu saat ini maka Anda tidak bisa mendapatkan solusi terbaik bahkan setelah keluar dari perusahaan. Bisa saja di perusahaan yang baru akan terulang hal sama yang menyebabkan Anda tidak nyaman lagi dengan pekerjaan baru tersebut.

Selain itu, Anda yang benci pekerjaan tanpa mengetahui alasannya terkadang berharap untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut sehingga masih bisa diatasi. Namun, karena alasannya belum diketahui maka tidak ada hal yang bisa dilakukan kecuali menunda-nunda pengunduran diri.

2. Merasa Bahwa Dirimu Belum Kompeten

Alasan kedua Anda tidak kunjung resign meski sudah membenci pekerjaanmu saat ini adalah karena merasa dirimu tidak kompeten. Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda menginginkan pekerjaan dengan posisi yang lebih tinggi. Butuh keahlian dan juga kemampuan agar Anda bisa mendapatkan posisi tersebut.

3 Cara Mudah Bikin Bulu Mata Tampak Lebih Panjang dan Lentik

Namun permasalahannya yaitu Anda merasa bahwa dirimu masih berada di tempat yang sama. Belum ada prestasi maupun pencapaian besar dari pekerjaan saat ini sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan baru. Karena hal tersebut maka Anda merasa masih membutuhkan pekerjaan saat ini untuk digunakan sebagai sarana belajar dan mengembangkan diri.

Kondisi tersebut memang cukup dilematis karena jika resign belum tentu Anda akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Jadi hal yang dilakukan adalah tetap bertahan pada pekerjaan saat ini meskipun membuatmu tidak nyaman saat menjalaninya.

3. Tidak Mendapatkan Dukungan untuk Resign

Resign atau mengundurkan diri memang terlihat mudah namun sangat sulit untuk dijalani. Sebelum memutuskan untuk resign kebanyakan dari Anda pasti akan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Terkadang keputusan resign juga sulit untuk diambil sendiri sehingga membutuhkan saran dari orang lain seperti keluarga atau teman dekat.

Keluarga dan teman dekat memang tempat ternyaman untuk berbagi keluh kesah. Mereka akan memberikan saran terbaik dengan pertimbangan rasional sesuai dengan kebutuhanmu. Saat rasa jenuh dan benci akan pekerjaan mulai muncul, Anda pasti mencari seseorang untuk mencurahkan rasa benci tersebut.

Dari mereka Anda mungkin mengharapkan dukungan untuk resign ketika menyampaikan niat tersebut. Namun ternyata tidak semua orang terdekatmu akan mendukungmu untuk resign. Terkadang mereka memberikan pendapat rasional bahwa mencari pekerjaan seperti pekerjaanmu saat ini merupakan hal yang sulit.

Karena hal tersebut mereka akan menyarankanmu untuk lebih bersyukur dibandingkan dengan menyerah dan resign. Hal ini ternyata sangat berpengaruh kepada keputusan seseorang untuk resign. Pasalnya, Anda akan mencoba berpikir ulang mengenai apa yang mereka katakan dan berusaha untuk bertahan meskipun tersiksa.

4. Belum Memiliki Rencana Cadangan

Belum memiliki rencana apa yang akan dilakukan selanjutnya menjadi alasan paling banyak mengapa seseorang tidak resign meski membenci pekerjaannya saat ini. Dalam hal ini Anda mungkin belum mendapatkan pekerjaan baru yang bisa langsung dimasuki atau belum berani mengambil risiko terhadap hal baru.

Pose dan Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badan

Rencana cadangan yang belum ada tersebut tentu saja akan berpengaruh kepada keputusanmu untuk resign. Pasalnya, Anda pasti tidak ingin menganggur dalam waktu yang lama setelah resign karena rencana yang belum matang.

Dibandingkan dengan mengambil risiko tersebut, Anda akan mencoba bertahan pada pekerjaan saat ini. Siapa tahu ketika Anda bertahan, hal yang membuatmu benci dan tidak nyaman berangsur menghilang sehingga pekerjaanmu bisa sesuai dengan keinginan. Selain itu, mencoba bertahan lagi juga memungkinkanmu untuk mencari rencana cadangan dengan matang sehingga lebih siap untuk resign.

Jangan Memutuskan Jika Masih Ragu

Itulah 4 alasan mengapa seseorang tak mau resign meskipun pekerjaan yang dilakukan saat ini tidak membuatnya nyaman. Semua pilihan maupun keputusan berada di tanganmu sendiri. Dalam dunia kerja, situasi membingungkan seperti ini biasa terjadi. Namun semoga setiap tantangan dalam pekerjaan ini bisa Anda cari jalan keluarnya dengan baik.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar