10 Amalan dalam Islam yang Akan Dibangunkan Rumah di Surga

  Selasa, 09 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
Salah satu amalan yang akan diganjar dengan dibangunkan rumah di surga adalah membangun masjid. (Unsplash/Aryan Ghauri)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Seorang Muslim memiliki kesempatan untuk dibangunkan rumah di surganya Allah SWT melalui amalan yang mereka lakukan di dunia. Hal ini telah disampaikan Rasulullah semasa hidupnya.

Dikutip dari laman Saaid, Selasa (9/3/2021), berikut sejumlah amalan yang akan dibangunkan rumah di surga:

1. Turut membangun masjid

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Membantu kesulitan sesama Muslim

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang menutupi suatu celah (dalam saf), niscaya Allah akan mengangkat derajatnya karena hal tersebut dan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga." (HR Al-Muhamili)

Ini Ciri-ciri Orang Mulia & Bijaksana dalam Islam, Tidak Meremehkan 4 Hal Ini

3. Berdoa saat hendak masuk pasar

Rasulullah bersabda,“Barangsiapa masuk pasar lalu ia mengucapkan, ‘Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu,’ niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat. Dan Allah membangunkan baginya rumah di surga." (HR Ahmad).

4. Bersabar atas kematian buah hati

Rasulullah SAW bersabda, “Jika anak seorang hamba meninggal, Allah berfirman kepada para malaikat-Nya: Kalian telah mencabut anak hamba-Ku. Mereka menjawab; 'Ya.' (Allah Tabaraka Wa Ta'ala) berfirman; 'Kalian telah mencabut buah hatinya.' Mereka menjawab; 'Ya.'(Allah Tabaraka Wa Ta'ala) bertanya: 'Apa yang dikatakan hamba-Ku.' Mereka menjawab; 'Dia memuji-Mu dan mengucapkan istirja'.' Allah berkata: 'Bangunlah untuk hamba-Ku satu rumah di surga, dan berilah nama dengan Baitulhamd.” (HR Tirmidzi)

Tanda-tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar dalam Islam

5. Rutin membaca surat Al-Ikhlas

Rasulullah bersabda, "Barang siapa membaca, 'Qul Huwallaahu Ahad' hingga selesai sebanyak sepuluh kali, niscaya Allah akan membangun sebuah istana untuknya di surga." (HR Ahmad)

6. Salat Duha

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang Salat Duha empat rakaat dan salat sebelum Zuhur empat rakaat, maka dibangunkan baginya rumah di surga." (HR Ath-Thabrani).

Hukum Jual Beli Kucing dan Anjing dalam Islam, Halal atau Dosa?

7. Meninggalkan perdebatan

Rasulullah SAW bersabda, "Aku akan menjamin rumah di tepi surga bagi seseorang yang meninggalkan perdebatan meskipun benar.”

8. Tinggalkan dusta meski cuma untuk bercanda

Rasulullah bersabda, "Aku juga menjamin rumah di tengah surga bagi seseorang yang meninggalkan kedustaan meskipun hanya bergurau.” (HR Abu Dawud).

2 Waktu Sangat Mujarab Berdoa di Hari Jumat

9. Berakhlak mulia

Rasulullah SAW bersabda, "Aku juga menjamin rumah di surga yang paling tinggi bagi seseorang yang berakhlak baik." ( HR. Abu Dawud) 

10. Beriman kepada Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Aku yang menjamin rumah di tepi surga dan rumah di tengah surga untuk siapa saja yang beriman kepadaku dan memeluk Islam dan berhijrah, dan aku yang menjamin untuk siapa saja yang beriman kepadaku dan memeluk Islam." (HR An-Nasa'i). Wallahualam.

3 Manfaat Sedekah dalam Islam

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar