Granat Sisa Perang Dunia II di Pekarangan Warga Magetan Diledakkan

  Selasa, 09 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
Tim Jibom Gegana Polda Jatim meledakkan temuan bom di Mageta. (Beritajatim.com)

MAGETAN, AYOSURABAYA.COM -- Seorang warga, Sakat (32), menemukan geranat nanas di pekarangan rumahnya, Dusun Sampung, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Granat tangan yang diperkirakan masih aktif itu mengegerkan warga setempat.

Granat ini ditemukan terkubur di bebatuan saat Sakat sedang membersihkan area tersebut.

"Waktu bersih-bersih meratakan tanah, itu ada batu seperti ditata gitu, saya angkat batunya yang paling atas terus ketemu benda mirip granat lengkap dengan pemicunya," kata Sakat, seperti diberitakan beritajatim.com, Senin (8/3/2021).

Sakat lantas menghubungi pihak kepolisian. Polres Magetan pun mendatangkan Subden Jibom (penjinak bom) Gegana Polda Jatim. Tujuannya untuk memastikan jenis granat aktif yang ditemukan oleh Sakat.

Kasubsektor Sidorejo Iptu Suwarno mengatakan, granat tersebut dipastikan berjenis granat fragmentasi yang masih aktif. Granat tangan tersebut selanjutnya diledakkan tim Subden Jibom Gegana Polda Jatim di lokasi tak jauh dari tempat penemuan.

"Jadi granat yang kita ledakkan adalah granat tangan jenis fragmenrasi dan masih aktif. Kita musnahkan agar tidak membahayakan masyarakat dan bahaya kalau disimpan," ujarnya.

Kemungkinan granat fragmentasi tersebut merupakan sisa perang dunia ke II. Kondisinya berkarat seperti sudah rusak padahal masih aktif, bisa meledak setiap saat dengan radius 100 meter. Maka tim melakukan penanganan dengan ekstra hati-hati.

"Kondisinya berkarat, tapi dalamnya masih aktif dan bisa suatu saat meledak. Kalau ada yang menemukan, jangan disentuh dan dibiarkan saja, serahkan pada petugas untuk mengamankan," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar