Doa untuk Pengantin agar Pernikahannya Berkah

  Selasa, 09 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Doa untuk Pengantin agar Pernikahannya Berkah. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Tamu bisa mendoakan pengantin agar pernikahannya berkah. Lalu bagaimana bacaan doa untuk pengantin menurut ajaran agama Islam?

Menikah menjadi ibadah paling lama yang dilakukan manusia. Dengan menikah setiap perbuatan bisa dinilai sebagai ibadah dari bangun tidur hingga tidur kembali. Namun keberkahan itu juga tergantung kepada niat yang diucapkan dalam doa.

Doa untuk pengantin pun menjadi amalan yang dianjurkan dalam Islam. Doa ini tidak hanya diucapkan oleh kedua mempelai, tetapi juga tamu undangan yang hadir. Berikut doa untuk pengantin yang biasa diucapkan:

1. Doa Ketika Akad Nikah

Menurut hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW kerap memanjatkan doa ini di acara pernikahan. Doa untuk pengantin tersebut berbunyi.

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Artinya: mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

Doa ini tidak hanya dipanjatkan oleh kedua mempelai tetapi juga orang tua, keluarga, dan sahabat yang hadir dalam acara pernikahan.

2. Doa Setelah Akad

Setelah memanjatkan doa saat akad nikah, selanjutnya pengantin juga memanjatkan doa setelah akad. Doa tersebut berbunyi.

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

3. Doa Sebelum Berhubungan Intim

Saat malam pertama untuk menambah keberkahan pasangan suami-istri dianjurkan mengucapkan doa terlebih dahulu. Doa tersebut adalah sebagai berikut. Doa untuk pengantin ini juga diriwayatkan dalam hadist oleh Bukhari dan Muslim.

Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.

Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, Ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar