Aprilia Manganang Rasakan Keanehan pada Jenis Kelaminnya Sejak Kecil

  Selasa, 09 Maret 2021   Aini Tartinia
Serda Aprilia Manganang melalui sambungan telekonferensi virtual disiarkan di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat. (Ayojakarta.com/Aini Tartinia)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Atlet voli wanita yang juga anggota TNI AD, Sersan Dua Aprilia Manganang sejak kecil sudah merasakan ada keanehan pada jenis kelaminnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat menggelar konferensi pers di Mabes TNI AD, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Menurut KASAD, sebelum ada tindakan medis yang menunjukkan fakta bahwa Serda Arprilia Manganang seorang pria, sejak kecil dia sudah merasakan ada keanehan.

"Sebetulnya Manganang ini apa ya, selama ini jadi sebelum tahu secara faktual secara medis yang kita lakukan itu dia hanya bisa merasakan saja (ada keanehan jenis kelamin)," kata Andika.

Akan tetapi, kata KASAD, Serda Aprilia Manganang tidak bisa memungkiri kondisi tersebut, sebab sejak lahir dirinya disebut sebagai wanita padahal seorang pria.

Karena itu pula, dirinya tidak bisa memberikan penjelasan mengenai kondisi jenis kelaminnya yang dirasakannya sendiri. Bahkan, kondisi keanehan pada jenis kelaminnya apakah wanita atau pria sudah dirasakan Serda Aprilia Manganang sejak duduk di bangku sekolah 5 sekolah dasar (SD).

"(Dia) tidak bisa melawan keputusan yang diberikan oleh paramedis maupun orang tua saat dia dilahirkan dan dia dinyatakan sebagai wanita," ucap Andika.

Kondisi tersebut berlanjut sampai Serda Aprilia Manganang besar hingga puncaknya masuk di TNI AD, terutama pada 3 Februari 2021 lalu TNI melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap Serda Aprilia Manganang.

"Karena seperti yang rekan lihat tadi, Sersan Aprilia ini diklaim sebagai seorang wanita tapi fisiknya tidak seperti wanita lain," ujarnya.

Kemudian lanjut KASAD, berdasarkan hasil pemeriksaan di RSPAD terhadap kondisi Serda Aprilia Manganang ternyata ditemukan bahwa dia merupakan seorang pria.

"Dari hasil itu, bahwa dilihat dari urologi ternyata bahwa Serda Aprilia Manganang lebih memiliki organ jenis kelaminan pria. Tak ada organ internal jenis kelamin wanita," kata Andika.

"Hormonal juga begitu, hormon testosteronnya juga diukur sehingga secara faktual dan ilmiah kita yakin manganang lebih miliki hirmonal kategori normal pria," katanya.

Tak hanya itu, berdasarkan pemeriksaan radiologi juga menyatakan bahwa Serda Aprilia Manganang merupakan seorang pria.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar