8 Cara Sederhana Mengobati Asam Urat

  Rabu, 10 Maret 2021   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi pembengkakan kaki pada penderita asam uat.(Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM--Asam urat merupakan penyakit yang sering kambuh dan menyebabkan pembengkakan pada salah satu bagian tubuh.

Bahkan, jika asam urat sudah menyerang, penderita tidak akan bisa beraktivitas dengan normal. 

Hal ini disebabkan karena penyakit asam urat membentuk kristal di persendian. Sebagian penderita asam urat membutuhkan obat untuk mengobati penyakitnya itu, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu menurunkan risiko.

Memang sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang penyakit asam urat. 

Ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk menurunkan kadar asam urat.

Medical News Today melansir, berikut adalah delapan cara alami untuk menurunkan kadar asam urat:

1. Batasi makanan yang mengandung purin

Purin adalah senyawa yang ada secara alami di beberapa makanan. Namun saat tubuh melakukan proses metabolisme makanan yang mengandung purin, tubuh akan memproduksi terlalu banyak asam urat. Karena itu, ada baiknya untuk membatasi makanan yang mengandung terlalu banyak mengandung purin.

Makanan dengan kandungan purin tinggi antara lain ikan tuna, sarden, dan teri. Lalu juga makanan tinggi lemak, seperti bacon, produk susu, dan daging merah, termasuk daging sapi muda. Dan jeroan hewan, misalnya hati ayam juga mengandung purin yang tinggi. Demikian juga makanan dan camilan yang manis.

2. Konsumsi makanan yang lebih sehat

Dengan beralih dari makanan dengan kandungan purin tinggi ke makanan yang lebih sehat dengan kandungan purin lebih rendah, memperbesar kemungkinan seseorang untuk dapat terus menurunkan kadar asam urat mereka. Beberapa makanan sehat dengan kandungan purin rendah yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mengurangi kadar asam urat antara lain susu rendah lemak, kacang-kacangan, buah dan sayur, nasi gandum, roti, dan kentang.

3. Hindari obat-obatan yang meningkatkan kadar asam urat

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat, seperti obat diuretik dan aspirin dosis rendah.

4. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko serangan asam urat dan penyakit jantung. Namun, penurunan berat badan yang cepat, terutama jika terjadi karena diet yang berlebihan justru dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, jika ingin menjaga atau bahkan menurunkan berat badan lebih baik mulai dari mengkonsumsi makanan padat nutrisi.

5. Hindari alkohol dan minuman manis

Konsumsi alkohol dan minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat. Alkohol dan minuman manis juga bisa menambah kalori yang tidak perlu ke dalam makanan, berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah metabolisme.

6. Minum kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kadar urat yang tinggi. Analisis data tahun 2010 dari partisipan wanita dalam Nurses 'Health Study menemukan bahwa risiko asam urat menurun jika me kopi. Dalam penelitian tersebut dilaporkan bagwawanita yang meminum 1 hingga 3 cangkir kopi per hari memiliki penurunan 22% risiko asam urat dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

7. Mengkonsumsi suplemen vitamin C

Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menurunkan risiko asam urat. Sebuah meta-analisis 2011 dari 13 uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

8. Mengkonsumsi ceri

Mengkonsumsi ceri ternyata juga dapat mengurangi risiko serangan asam urat. Sebuah studi tahun 2012 terhadap 633 orang dengan asam urat tinggi menemukan bahwa mengkonsumsi ceri selama 2 hari daat menurunkan asam urat sebesar 35% dibandingkan dengan tidak makan ceri.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar