Kecelakan Bus di Sumedang, Ada Indikasi Sopir Tidak Paham Tanjakan Cae

  Kamis, 11 Maret 2021   Andres Fatubun

SUMEDANG, AYOSURABAYA.COM -- Dari hasil penyelidikan awal yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Jawa Barat diperoleh fakta indikasi sopir tidak yang belum paham kondisi Tanjakan Cae. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dishub Jabar, Hery Antasari, Kamis (11/3/2021).

AYO BACA : Dishub Jabar Ungkap Fakta Awal Penyebab Kecelakaan Bus yang Tewaskan 27 Orang

Dia mengatakan, indikasi awal tersebut tak lepas dari status bus yang merupakan bus pariwisata. Bus ini tidak melintasi jalur itu tersebut secara reguler. \"Bus ini kan bus pariwisata, tidak melintas reguler di jalur ini (Tanjakan Cae),\" katanya.

Terlebih, kata Hery, jalur seperti Tanjakan Cae banyak di Jabar. Bahkan, dengan kondisi yang lebih parah seperti Tanjakan Panganten di Kabupaten Garut dan Tanjakan Emen di Kabupaten Subang.

AYO BACA : Identitas 27 Korban Tewas dalam Kecelakaan Maut Bus Masuk Jurang di Sumedang

\"Biasanya, jika pengemudi memiliki pemahaman soal rute, mereka bisa mengantisipasi (kecelakaan),\" katanya.

Namun, Hery menekankan bahwa hal itu baru sebatas indikasi. Sejumlah indikasi penyebab lainnya kini tengah diselidiki, mulai dari kondisi kendaraan hingga kontur jalan yang memang dikenal rawan kecelakaan itu.

\"Jadi, selain faktor pemahaman pengemudi soal rute, kondisi kendaraan hingga kontur jalan pun kita evaluasi. Setelah olah TKP, nanti ada FGD baru disimpulkan dan diumumkan (penyebab kecelakaan),\" paparnya.  

Seperti diberitakan, kecelakaan maut tersebut melibatkan bus pariwisata Sri Padma Kencana bernomor polisi T 7591 TB. Bus membawa rombongan study tour dan ziarah SMP IT Muawanah, Salak Subang dari Pangandaran dan Tasikmalaya. Bus nahas itu terperosok ke jurang dalam perjalanan pulang menuju Subang.

Berdasarkan informasi terakhir, jumlah korban dalam kecelakaan tersebut menjadi 27 orang. Jumlah tersebut berdasarkan laporan pagi ini Kantor Basarnas Bandung dari RSUD Sumedang.

AYO BACA : Kemenhub Dalami Penyebab Kelakaan Maut di Sumedang yang Tewaskan 27 Orang

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar