Umat Hindu di Mojokerto Gelar Upacara Melasti Secara Sederhana

  Kamis, 11 Maret 2021   Andres Fatubun
Upacara Melasti sendiri memiliki makna sebagai upacara penyucian diri dalam menyambut Hari Raya Nyepi. (ist)

MOJOKERTO, AYOSURABAYA.COM -- Dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943/2021 Masehi yang jatuh pada, Minggu (14/3/2021) pekan depan, puluhan umat Hindu Kota Mojokerto menggelar upacara Melasti. Upacara digelar di Pura Bala Widya Mandira SPN Mojokerto Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto.

AYO BACA : Siapkan Syaratnya, Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Hari Ini dan Ditutup 14 Maret

Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, hal ini tidak menyurutkan niat umat Hindu Kota Mojokerto dalam menjalankan upacara Melasti. Meskipun digelar secara sederhana, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, umat Hindu Kota Mojokerto tampak khusyuk mengikuti rangkaian upacara.

AYO BACA : Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 14 Bagi yang Gagal di Tahun 2020

Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Mojokerto, Ketut Sukena mengatakan, upacara Melasti tahun ini dilakukan secara sederhana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

“Hari ini, kita melakukan upacara Melasti di Pura secara sederhana. Berbeda dari tahun sebelumnya,” ungkapnya, Kamis (11/3/2021).

Tahun sebelumnya, lanjut Ketut, PHDI Kota Mojokerto menggelar upacara Melasti di Petirtaan Jolotundo di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Upacara digelar bersama-sama umat Hindu Kabupaten Mojokerto sehingga umat Hindu di Mojokerto Raya mengikuti upacara Melasti bersama-sama.

“Namun tahun ini berbeda. Upacara Melasti sendiri memiliki makna sebagai upacara penyucian diri dalam menyambut Hari Raya Nyepi. Upacara Melasti digelar sebelum melakukan catur bratha penyepian, ini sebagai bentuk penyucian diri,” jelasnya. 

AYO BACA : Lokasi Kecelakaan Maut yang Tewaskan 27 Orang Bukan untuk Jalur Bus Besar

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar