5 Takjil Mantab ala Kota Surabaya yang Cocok untuk Berbuka Puasa saat Ramadan

  Jumat, 12 Maret 2021   Praditya Fauzi Rahman

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Menjelang bulan ramadan, sebagian besar masyarakat berbondong-bondong menjajakan aneka takjil di pinggiran jalan, gang, sampai area sekitar pasar. Jenis dan harganya pun beragam, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. 

Namun belum diketahui pasti, apakah pemerintah memperbolehkan hal itu. Mengingat, kondisi saat ini sedang dalam pandemi Covid-19 di seluruh negara, pun dengan Kota Surabaya. 

Untuk itu, AyoSurabaya.com akan merekomendasikan 6 jenis takjil murah, nikmat, nan menggugah selera anda untuk berbuka puasa di kota pahlawan. 

1. Lepet 
Lepet atau Leupeut merupakan salah satu jenis makanan ringan yang cocok untuk menemani berbuka puasa Anda. Makanan berbahan dari beras ketan yang dicampur kacang ini kerap dimasak dalam santan dan menggunakan daun janur sebagai pembungkusnya. 

Makanan ini kerap dijajakan pedagang takjil saat ramadan di Surabaya. Kerap ditemukan di hampir seluruh kawasan pasar tradisional. 

Umumnya, makanan ini kerap dijual pedagang jajan pasar keliling yang sering ditemui di perkampungan padat penduduk di kota pahlawan. Harganya pun sesuai ukuran, mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 5.000. 

AYO BACA : Hujan Disertai Angin Kencang Terjang Mojokerto, 5 Rumah Rusak

2. Bongko Kopyor 
Bongko Kopyor adalah sajian takjil khas Gresik, Jawa Timur (Jatim) yang mudah ditemui di sejumlah lokasi. Kendati berasal dari Gresik, namun jajanan ini kerap ditemui juga di Kota Surabaya, meski tidak saat ramadan . 

Ketika ramadan  tiba, jumlah Bongko Kopyor semakin menggunung. Saking banyaknya, jajanan ini mudah ditemui di pinggiran jalan raya, terlebih di kawasan perkampungan. 

Bongko kopyor merupakan jajanan pasar berbahan dasar tepung beras dengan pisang di dalamnya yang sekilas mirip dengan bubur sumsum. Isiannya pun bervariatif, umumnya menggunakan santan, kelapa muda, roti, dan bubur mutiara. 

Harganya relatif murah, yakni Rp 3.000 sampai Rp 10.000, tergantung isi dan ukuran Bongko Kopyor. Kudapan ini cocok untuk Anda yang ingin berbuka dengan yang beraroma santan dan lemak. 

3. Srawut 
Srawut adalah jajanan yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Saat bulan suci ramadan , jajanan ini sering dijumpai di Surabaya. Bahkan, sering memenuhi lapak pedagang takjil di pasar tradisional. 

Makanan yang terbuat dari singkong parut, dikukus dengan taburan gula merah, serta taburan parutan kelapa diatasnya ini cocok untuk menemani buka puasa Anda dengan segelas teh tawar hangat. Harganya pun terjangkau, yakni Rp 2.500 sampai Rp 5000 per bungkus. 

AYO BACA : 2 Pedagang Tokek Curi Fortuner

Di Surabaya sendiri, Srawut atau Sawut sangat mudah dijumpai. Diluar bulan ramadan  pun, banyak orang yang menggandrungi jajanan murah meriah ini. 

4. Klanting 
Klanting atau Cenil atau Cetot merupakan camilan tradisional khas Jawa Timuran. Warnanya pun beragam, tergantung selera penjual. Umumnya, berwarna hijau, merah, dan kuning. 

Jajanan yang terbuat dari tepung jagung ini kian marak saat ramadan di Kota Surabaya. Bahkan, di beberapa stan takjil ada yang rela mengantre hanya demi sebungkus makanan seharga Rp 2500 sampaj Rp 7.500 itu. 

Kendati rasanya hambar, namun salah sagu jajanan pasar tradisional ini terasa nikmat dengan toping gula merah dan parutan kelapa diatasnya. Umumnya, arek-arek Suroboyo sering menyantapnya saat berbuka dengan segelas Es Kopyor. 

5. Pukis Arab
Menu ini hanya hadir saat ramadan saja. Bahkan, tak semua lokasi di Surabaya menjual takjil asal Timur Tengah ini. 

Saat ramadan , Pukis Arab ini bisa dijumpai di kawasan perkampungan Arab saja, yakni di kawasan Sunan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Harganya mulai dari Rp 2000 hingga Rp 5000 per bijinya. 

Kue berbahan adonan gula pasir, telur, santan, tepung terigu, dan ragi yang dituang ke dalam cetakan setengah bulan dan dipanggang di atas api itu berbeda dengan pukis pada umumnya. Namun, ukurannya lebih besar dan teksturnya lebih lembut. Pun dengan cara memasaknya yang lebih terukur. 

Nah, lima makanan ringan itu merupakan takjil yang direkomendasikan AyoSurabaya.com untuk berbuka puasa. Nah, Anda mau coba yang mana dulu nih?

AYO BACA : Kamis Sore, Korban Tewas Kecelakaan Bus di Sumedang Bertambah Menjadi 29 Orang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar