BLT Ibu Rumah Tangga Rp2,4 Juta Segera Ditransfer, Begini Cara Mendapatkannya

  Jumat, 12 Maret 2021   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi BLT Ibu Rumah Tangga

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM--Bantuan langsung tunai alias BLT bagi ibu rumah tangga senilai Rp2,4 juta segera disalurkan.

Ada beberapa jenis bantuan langsung dari pemerintah yaitu BLT Subsidi Gaji, Kartu Prakerja, BLT UMKM, Bansos Tunai, Program Keluarga Harapan, Subsidi Listrik dan Bantuan Pangan Non Tunai. Bantuan-bantuan ini dilakukan pemerintah untuk mengembalikan ekonomi negara kita pasca mengalami pandemi virus Covid-19.

BLT Ibu Rumah Tangga

Salah satu bentuk program BLT yang dijalankan kemensos adalah BLT ibu rumah tangga. Bantuan yang dikhususkan untuk ibu rumah tangga ini akan diberikan sepanjang tahun 2021.

BLT ibu rumah tangga akan kembali disalurkan pada bulan Maret 2021, Kemensos akan memberikan bantuan berupa uang senilai Rp 2,4 juta. Bantuan ini akan diberikan dalam setiap bulannya sebesar Rp. 200.000, tujuan dari bantuan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan bari Keluarga penerima Manfaat (KPM).

Program ini termasuk dalam katerogri Bantuan Sosial Pangan (BSP) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Cara Daftar BLT Ibu Rumah Tangga

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang bantuan BLT Ibu Rumah Tangga harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.

1. Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera.

Untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera masyarakat harus mendaftarkan diri sebagai peserta KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian sosial. Kartu Keluarga Sejahtera nantinya akan digunakan sebagai alat transaksi pencairan uang BLT Ibu Rumah Tangga.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan pendaftaran BLT ibu rumah tangga, untuk mendaftarkan diri proses pembuatan kartu keluarga dilakukan secara offline.

2. Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera

Langkah pertama adalah melakukan pendaftaran peserta KPM DTKS dengan cara melapor pada aparat pemerintah daerah setempat (RT, RW. Kantor Kelurahan/Desa)
Setelah itu anda akan mendapatkan surat pemberitahuan yang berisikan sistematika pendaftaran di tempat yang sudah ditentukan
Bawa data lengkap (KTP, NIK, Kartu Keluarga) dan Kode Unik Keluarga yang sudah tercantum dalam data terpadu yang sudah diberikan oleh pihak RT atau RW
Data yang sudah lengkap nantinya akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan dan kantor Walikota atau Kabupaten
Setelah semua data berhasil diversifikasi nantinya akan dibuatkan rekening HIMBARA bersamaan dengan diberikannya Kartu Keluarga Sejahtera

Himbara memiliki empat bank penyalur yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN)

3. Menuju E-Warong (Elektronik Gotong Warung Gotong Royong)

Setiap bulanya penerima BLT ibu rumah tangga akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 200.000, dan uang ini akan langsung ditransfer nomor rekening pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Setelah uang ditransfer anda bisa menuju ke e-warong terdekat untuk mencarikan bantuan.

Untuk mengecek apakah nama anda terdaftar sebagai penerima BLT ibu rumah tangga anda bisa mengecek pada laman dtks.kemensos.go.id atau melalui aplikasi SIKS-Dataku yang bisa anda unduh di Google Play Store.

Bagi anda yang mengalami masalah mengenai sistematis BLT ibu rumah tangga silahkan menghubungi email [email protected] Atau melalui Whatsapp ke nomor 0811-1022-210.

Layanan Whatsapp hanya menerima keluhan berupa pesan, yaitu dengan format Nama lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat Lengkap (spasi) Aduan.

Demikian informasi cara daftar BLT ibu rumah tangga sebesar Rp 2,4 Juta yang rencananya akan disalurkan Maret 2021 ini. Silahkan mencoba.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar