Daftar Gejala Asam Urat, Fase Sakit, Cara Mencegah & Cara Mengobati

  Sabtu, 13 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Berikut ini berbagai gejala asam urat, fase sakit asam urat, cara mencegah asam urat, dan cara mengobati asam urat secara alami yang bisa Anda coba. (Unsplash/@billiebodybrand)

Berikut ini berbagai gejala asam urat, fase sakit asam urat, cara mencegah asam urat, dan cara mengobati asam urat secara alami yang bisa Anda coba.

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Peningkatan kadar asam urat berdampak negatif bagi kesehatan karena menghasilkan penyakit arthritis yang rumit. Setiap kali ada peningkatan asam urat dalam darah, hal tersebut akan menghasilan pembentukan jarum berbentuk kristal dalam jaringan yang menghubungkan sendi yang menyebabkan rasa sakit tak tertahankan.

Masalah ini kerap ditemukan pada orang-orang paruh baya dan umumnya perempuan.

National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS) menginformasikan bahwa asam urat tumbuh dalam 4 tahapan berbeda.

Sedang Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Ini!

5 Minuman Segar Ini Bantu Diet Cepat dan Sehat

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

Pertama, Asimtomatik gout. Selama fase ini tidak perlu perawatan apapun karena kadar asam uratnya hanya sedikit dan tidak mudah terlihat.

Kedua, Acute gouty arthritis atau yang sering disebut hyperuricemia. Di fase ini, kristal terbentuk di sendi dan gejalanya meliputi nyeri dan peradangan pada sendi. Namun, masih belum membutuhkan perawatan apapun karena sakitnya akan hilang dari 3-10 hari.

Ketiga, Interval gout. Ada rasa sakit pada tahap ini. Sakitnya terjadi di beberapa sendi yang tajam, meskipun sendi dalam kerja normal.

Keempat, Chronic tophaceous gout. Fase ini menjadi tahap paling kritis yang terjadi beberapa tahun setelah tahap pertama terjadi. Dalam tahap ini akan ada bahaya permanen pada sendi dan kemungkinan menyebarkan kerusakan pada ginjal.

Sedang Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Ini!

5 Minuman Segar Ini Bantu Diet Cepat dan Sehat

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

Gejala Umum Asam Urat

Dilansir dari My Health Tips, ada beberapa gejala umum yang membantu Anda mengidentifikasi asam urat.

Pertama, terlalu sering merasa sakit pada sendi, kemerahan, dan pembengkakan yang disertai pembesaran pada bagian kaki yang mengalami asam urat.

Salah satu metode terbaik untuk menghindarinya adalah menjaga kontrol diet dan mengecek rutin peningkatan asam urat dalam tubuh.

Kedua, tubuh memiliki substansi alami bernama purin yang berafiliasi dengan asam urat. Maka, Anda harus membagi makanan yang memiliki purin. The American Medical Association telah menyarankan beberapa makanan bagi orang yang menderita asam urat, meliputi karbohidrat kompleks dengan kaya serat, biji-bijian, buah-buahan segar dan sayuran.

5 Manfaat Minum Teh Jahe Setiap Pagi, Termasuk Turunkan Berat Badan

Ini Jam Ngemil saat Diet agar Berat Badan Tidak Naik Lagi! 

5 Jus Untuk Mengecilkan Perut

Ketiga, Anda sebaiknya lebih menyukai makanan dengan kandungan protein rendah yang dapat diperoleh dari daging tanpa lemak, unggas, dan kedelai. Porsinya 30 persen lemak nabati dan 10 persen positif.

Obat Alami Asam Urat

Asam urat atau gout membuat penderitanya nyeri, terutama di bagian sendi. Selain dengan obat, ada sejumlah bahan alami yang bisa menjadi obat asam urat.

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa ‘obat alami’ asam urat yang bisa Anda coba:

1. Jahe

Jahe menjadi salah satu herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus jahe selama 10 menit dan minum 3 cangkir sehari saat Anda mengalami serangan gout.

Ini Dia Pemicu Rematik Asam Urat

2. Air hangat dengan cuka apel, jus lemon, dan kunyit

Campuran herbal antara cuka apel, jus lemon, dan kunyit sangat direkomendasikan sebagai obat alami asam urat. Selain itu, minuman ini memiliki rasa yang menyegarkan.

Campurkan air perasan setengah lemon ke air hangat. Lalu campurkan dengan dua sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok teh cuka apel, aduk dan sesuaikan rasanya, minum dua-tiga kali sehari.

3. Kompres hangat atau dingin

Mengompres bagian yang sakit karena asam urat dengan air dingin maupun dinilai bisa meredakan asam urat.

Beberapa studi merekomendasikan mengompres bagian yang sakit dengan air dingin atau merendam kaki ke air dingin.

Merendam atau mengompres kaki dengan air hangat direkomendasikan apabila rasa nyeri atau inflamasi tidak terlalu intens.

Daftar Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

4. Apel

Apel mengandung asam malat yang bisa menurunkan asam urat.

Konsumsilah satu apel per hari untuk kesehatan. Namun karena apel mengandung fruktosa, ingatlah untuk tidak berlebihan mengonsumsinya.

5. Pisang

Pisang disebut-sebut menjadi obat asam urat yang baik sebab kaya akan potasium yang bisa membantu jaringan dan organ tubuh berfungsi optimal.

Anda bisa mengonsumsi satu buah pisang sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Cara Alami Atasi Asam Urat dengan Seledri, Begini Cara Mengolahnya

6. Garam epsom

Rekomendasi lainnya untuk obat asam urat adalah merendam tubuh dalam larutan garam Epsom.

Garam epsom kaya magnesium untuk menurunkan risiko asam urat.

7. Air mineral

Minum cukup banyak air sangat penting bagi ginjal agar berfungsi dengan normal. Menjaga ginjal tetap sehat dapat mengurangi penumpukan asam urat dan serangannya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar