Bioskop di Kediri Boleh Buka, Waspadai Risiko Penularan Covid-19

  Sabtu, 13 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengizinkan gedung bioskop di daerahnya buka saat pandemi Covid-19 dengan syarat harus mematuhi protokol. Meski begitu, Anda yang ingin menonton di bioskop mesti tahu berbagai risikonya. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

KEDIRI, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengizinkan gedung bioskop di daerahnya buka saat pandemi Covid-19 dengan syarat harus mematuhi protokol. Meski begitu, Anda yang ingin menonton di bioskop mesti tahu berbagai risikonya.

"Boleh (buka) 50 persen. Tidak boleh bawa makan minum dan selalu dibersihkan. Jadi, setelah dipakai disterilkan terlebih dahulu," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Jumat (12/3/2021).

Ia mengatakan sebelum operasional, pihak manajemen harus mengajukan izin ke Pemkot Kediri. Setelah itu, tim ke lokasi dan memantau kesiapan manajemen untuk pengelola gedung bioskop, apakah mematuhi protokol kesehatan yang berlaku atau belum.

Ustaz Abdul Somad Jelaskan 5 Penyesalan Orang Setelah Mati

5 Tanda Kiamat Besar dalam Islam, Matahari Terbit dari Barat

"Sekarang belum ada yang mengajukan. Jadi syaratnya mengajukan izin ke pemkot, nanti tim akan turun dan cek kesiapannya terkait dengan protokol kesehatan. Nanti kalau sudah baru jalan," ujar dia.

Walaupun saat ini gedung bioskop sudah mendapatkan "lampu hijau" untuk kembali beroperasi di tengah pandemi Covid-19, untuk sejumlah kegiatan lain yang dimungkinkan akan ada massa yang banyak masih belum mendapatkan izin.

"'Event' belum boleh. Ini bertahap dan yang boleh kafe ada musiknya, pernikahan boleh tapi terbatas 50 persen dan disarankan di tempat terbuka," ujar Mas Abu, sapaan akrabnya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Kediri dr Fauzan Adima mengatakan, untuk rencana boleh dibukanya gedung bioskop di Kota Kediri saat ini tinggal menunggu pengesahan resmi dari wali kota.

Ustaz Abdul Somad Jelaskan 5 Penyesalan Orang Setelah Mati

5 Tanda Kiamat Besar dalam Islam, Matahari Terbit dari Barat

"Kemarin rapat dan tinggal pengesahan resmi dari Pak Wali Kota. Mudah-mudahan pekan depan," kata dia.

Dia mengatakan, jika sudah ada keputusan resmi dari wali kota, pengelola memang harus mengajukan izin terlebih dahulu. Hal itu untuk memastikan manajemen mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Selama beroperasi, kata dia, protokol kesehatan harus benar-benar diperhatikan yakni disediakan tempat cuci tangan, wajib memakai masker, kapasitas gedung maksimal 50 persen.

Di Kota Kediri, ada beberapa gedung bioskop.  Saat pandemi Covid-19, pemerintah membuat kebijakan menutup sementara tempat publik, termasuk gedung bioskop.Kasus Covid-19 di Kota Kediri hingga Kamis (11/3/2021) mencapai 1.217 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, terdapat satu orang yang masih dirawat, 1.097 orang telah sembuh, dan 119 orang meninggal dunia.

Ulama Banyak yang Wafat, Pertanda Kiamat Sudah Dekat?

11 Jenis SIM Terbaru di Indonesia, Ada untuk Difabel & Kendaraan Listrik

Risiko Menonton di Bioskop saat Pandemi Covid-19

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) memasukkan pergi ke bioskop dalam daftar kegiatan berisiko tinggi penularan virus corona.

"Bioskop membawa orang-orang ke dalam ruangan dan berada dalam jarak dekat untuk waktu yang lama," kata Anne Rimoin, PhD, MPH, profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health, kepada Health.

"Virus ditularkan melalui tetesan saat kita berbicara, tertawa, dan bernapas. Sementara bioskop adalah tempat Anda duduk di ruangan yang penuh orang asing yang makan dan minum selama dua hingga tiga jam dengan ventilasi minim," kata Rimoin.

Menurut Carol A. Winner, MPH, pendiri gerakan jarak pribadi Give Space pada tahun 2017 menyatakan, kemungkinan penularan dalam bioskop mirip dengan yang terjadi di dalam restoran.

7 Obat Alami Redakan Asam Urat, Bisa Dibuat Sendiri

Daftar Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

"Meskipun di bioskop orang-orang lebih sedikit berbicara, masker yang mereka gunakan bisa saja dilepas," kata Winner.

"Ini yang kemudian menjadi bahaya ketika orang-orang mulai tertawa, batuk, bersin, dan kemudian mencoba berbicara dengan teman mereka yang jaraknya hanya satu setengah meter," kata dia.

Meskipun jarak sosial hingga pembersihan tangan bisa menekan penyebaran virus corona, namun tindakan ini tidak dapat menghentikan penyebaran sama sekali. Dalam banyak kasus, sulit untuk mengetahui apakah sesama penonton bioskop mengikuti semua aturan.

Jika Anda pergi ke bioskop, Rimoin menyarankan untuk memilih bioskop yang membatasi pengunjung secara signifikan. Dia juga menyarankan tidak melepaskan masker dan tidak menggunakan kamar mandi umum.

Sementara itu, Winner menyarankan agar orang lebih banyak melakukan banyak tindakan pencegahan penyebaran Covid-19. "Gunakan pembersih tangan Anda, terutama setelah Anda duduk di kursi untuk menghindari transmisi permukaan," kata Winner.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengimbau masyarakat tetap waspada saat pandemi corona.

Adapun pencegah virus corona yang bisa dilakukan yakni dengan:

Pertama, #pakaimasker secara benar. Masker sekali pakai, seperti masker medis, hanya digunakan sekali. Masker kain harus dicuci sebelum digunakan kembali.

Kedua, selalu #jagajarak dengan siapapun di luar rumah dan hindari kerumunan.

Ketiga, #cucitangan pakai sabun dengan air mengalir selama minimal 20 detik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar