5 Hal yang Harus Diketahui soal Lip Balm, Ada yang Membahayakan?

  Sabtu, 13 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Produk yang digunakan setiap gadis—setidaknya sekali dalam hidupnya—adalah lip balm. Ada sejumlah hal yang harus Anda ketahui tentang lip balm. Jika tidak teliti, hal itu bisa saja membahayakan Anda. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Produk yang digunakan setiap gadis—setidaknya sekali dalam hidupnya—adalah lip balm. Ada sejumlah hal yang harus Anda ketahui tentang lip balm. Jika tidak teliti, hal itu bisa saja membahayakan Anda.

Kita semua sangat terbiasa menggunakan produk ini sehingga terkadang merasa hal itu adalah bagian yang tidak terpisahkan dari rutinitas kecantikan.  Baik itu bibir pecah-pecah maupun kekeringan yang berlebihan, kita sering menggunakan lip balm untuk mengatasinya.  Namun, ada beberapa hal tertentu tentang lip balm yang mungkin tidak disadari.

Ingin tahu apa saja? Nah, untuk membantu Anda memahami lip balm dan cara kerjanya yang lebih baik, berikut adalah 5 hal yang tidak Anda ketahui tentang lip balm.

1. Tidak melembapkan kulit

Mungkin ini terdengar gila. Namun lip balm tidak melembapkan kulit. Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya yang dilakukan lip balm?  Ya, mereka tidak benar-benar melembapkan bibir Anda tetapi justru menjaga kelembaban di bibir Anda.  Lip balm pada dasarnya menciptakan lapisan pada bibir Anda sehingga menjaga kelembapan bibir agar tidak hilang, sehingga menjaga bibir lembut sepanjang hari, terutama di hari-hari berangin ketika cuaca dingin dan kering.  Oleh karena itu, sangat baik untuk menggunakan lip balm setiap hari.

2. Sedikit tertelan tak jadi masalah

Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan aneh yaitu sering menjilati bibir—bahkan ketika telah menerapkan lip balm atau lipstik.  Sementara itu, beberapa orang mungkin merasa aneh akan hal itu. Para ahli mengatakan, jika menelannya, tak apa, walaupun mungkin akan sedikit sakit perut.

3. Jika kecanduan lip balm, coba  pikirkan lagi! 

Jika kecanduan lip balm, Anda harus berpikir lagi!  Tidak ada bahan dalam lip balm yang bisa membuat ketagihan.  Namun, mungkin ada beberapa bahan yang bisa membuat sebagian orang alergi, tetapi jelas tidak membuat ketagihan. 

Anda dapat dengan mudah mengganti lip balm dengan beberapa pengobatan rumahan seperti menggunakan ghee di bibir untuk mencegahnya menjadi kering atau bahkan untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah.

Selain itu, para ahli juga mengatakan, menggunakan lip balm yang berlebihan juga dapat membahayakan bibir Anda dalam jangka panjang dan bahkan dapat menyebabkan iritasi.  Oleh karena itu, seseorang tidak boleh terlalu kecanduan dengan produk make-up, bahkan lip balm.

4. Tidak hanya dapat digunakan di bibir

Lip balm bisa digunakan pada selain bibir. Anda juga bisa menggunakan lip balm di sekitar hidung dan mengoleskannya ke kutikula untuk melembapkannya dan menjaganya agar bebas dari kekeringan.

Selain itu, Anda dapat menggunakan lip balm untuk mengatasi alis yang sulit diatur.

5. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Seperti semua produk kecantikan lainnya, lip balm juga terdapat tanggal kedaluwarsa. Seperti semua produk lainnya, tidak aman untuk menggunakan produk kedaluwarsa karena dapat membahayakan kulit tanpa disadari.

Jadi, jika Anda memiliki lip balm yang kedaluwarsa atau produk kecantikan lainnya, segera buang dan ganti dengan yang baru.  Bagaimanapun, selalu baik untuk menjaga kulit Anda sehat dan bercahaya, bukan?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar