Smartphone Android Bisa Digunakan sebagai Mouse di Windows, Begini Caranya

  Sabtu, 13 Maret 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi. (Pexels dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Smartphone Android ternyata bisa digunakan sebagai mouse di Windows dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Dilansir dari Make Tech Easier, aplikasi yang digunakan adalah Unified Remote yang memiliki lebih dari 100 fitur lanjutan, seperti power on, power off, penelusuran file, dan custom keyboard dalam versi pro.

Berikut cara menggunakan smartphone Android sebagai mouse di Windows.

1. Unduh Unified Remote Server di Windows
Buka situs Unified Remote dan ketuk bagian download. Kemudian pilih server terbaru untuk komputer pengguna. Aplikasi Unified Remote mendukung semua versi Windows dan tersedia untuk platform 32 dan 64-bit.

Selain Windows, perangkat lunak ini juga tersedia untuk Mac 64-bit, Linux, Raspberry Pi, dan Arduino Yun. Untuk Windows, pengguna membutuhkan ruang disk sebesar 42 MB.

AYO BACA : Ustaz Abdul Somad Jelaskan 5 Penyesalan Orang Setelah Mati

Setelah diunduh, pengguna dapat menginstal file server dan melewati add-on apapun.

Pengguna harus menginstal simulasi input driver agar kursor mouse berfungsi dari ponsel. Selain itu, pengguna dapat menginstal komponen untuk simulasi joystick. Petunjuk di bawah ini hanya untuk mouse dan keyboard laptop Windows.

Instalasi akan dimulai setelah pengguna memilih input driver. Pengguna akan memiliki opsi untuk membuat folder menu Start dan pintasan desktop sambil menambahkan firewall exceptions.

Pengguna mungkin mendapatkan peringatan keamanan Windows saat akan mengunduh driver eksternal untuk keyboard atau mouse. Klik Install untuk melanjutkan.

Setelah penginstalan selesai, Anda dapat melihat Unified Remote di system tray pengguna. Karena server belum dimulai, ini akan menunjukkan status "tidak ada koneksi". Karena itu, pengguna harus menginstal aplikasi terlebih dahulu di ponsel Android.

AYO BACA : Tiga Cara Cepat Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus Pengirim

2. Instal aplikasi Unified Remote di Android
Aplikasi Unified Remote dapat diunduh melalui Google Play Store secara gratis dan mendukung semua versi Android. Setelah diunduh, lanjutkan ke instalasi aplikasi. Ini akan menggunakan akun Google terdaftar untuk terhubung dengan server.

Jika server sudah diaktifkan dan jika ponsel dan PC menggunakan koneksi WiFi yang sama, pengguna akan melihat status "terhubung". Di layar berikutnya, buka opsi Basic input untuk mengontrol mouse dan keyboard dari ponsel. Setelah layar berikutnya ditampilkan, pengguna siap untuk menggunakan mouse lewat perangkat Android.

Kontrolnya pun sangat mudah. Cukup gulir di layar ponsel pengguna untuk meniru gerakan mouse di laptop atau PC. Untuk klik kiri, ketuk dengan satu jari. Jika pengguna menggunakan dua jari, ini akan mengarah ke klik kanan mouse. Untuk menggulir layar, seret dengan dua jari.

Sementara untuk memperbesar atau memperkecil layar, cukup gerakan seperti mencubit layar. Untuk menyeret layar laptop, gunakan tekan lama dan gerakkan, lalu ketuk sekali untuk menyeret.

Selain aplikasi Unified Remote, pengguna juga dapat menggunakan perangkat lain seperti Remote Mouse untuk menghubungkan Windows melalui aplikasi Android.

 

AYO BACA : KARTU PRAKERJA GELOMBANG 14 SEGERA DITUTUP! Ini Cara Daftar dan Tips untuk Lolos

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar