5 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

  Minggu, 14 Maret 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi air putih hangat dengan campuran jeruk nipis. ( congerdesign dari Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Ada banyak manfaat minum air hangat, namun kebiasaan baik yang tidak sulit dilakukan tersebut juga bukan obat ajaib alias hasilnya tidak bisa instan. Mulailah hari Anda dengan meminum air hangat di pagi hari. Anda dapat mencampurkan air hangat dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis bila suka. Namun, perlu diperhatikan pula suhunya, jangan minum air yang terlalu panas karena dapat membakar dan membuat lidah melepuh.

Meskipun banyak dari klaim manfaat air hangat belum sepenuhnya tepat, tapi setidaknya mengonsumsi air putih secukupnya tiap hari adalah saran terbaik untuk menjaga tubuh terhidrasi secara optimal. Selain mencukupi kebutuhan cairan dari air putih, Anda bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung air, seperti semangka, jeruk, melon, dan tomat.

AYO BACA : Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 Ditutup Hari Ini, Segera Daftar dan Ketahui Caranya untuk Lolos

Lima manfaat minum air hangat.
1. Meredakan stres

Minum air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini dapat membuat rileks dan meringankan stres dan rasa cemas.  Bahkan mandi atau minum air hangat dapat membantu agar tidur lebih nyenyak. Untuk hasil yang maksimal, jangan hanya air hangat, Anda dapat minum susu hangat untuk membantu merasa lebih tenang dan nyaman.

2. Meredakan sakit dan nyeri pada radang sendi
Minum air hangat juga bermanfaat menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi.

AYO BACA : Indonesian Idol: Juri dan Kontestan Akan Berduet, Rimar Akan Berpasangan dengan Siapa?

3. Meringankan gejala akalasia
Air hangat disebut dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman. Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan untuk mengantar makanan ke dalam lambung. Gejala umumnya adalah kesulitan menelan dan merasa ada makanan yang terjebak di kerongkonga.

4. Meredakan nyeri akibat menstruasi (dismenorrhea)
Manfaat minum air hangat juga berperan dalam meredakan rasa sakit dan nyeri haid (dismenorrhea). Minum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam. Akibatnya, nyeri akibat kembung yang menyertai haid dapat berkurang. Selain itu, minum air hangat biasanya lebih baik karena dapat merelaksasi otot yang kram. Ditambah lagi konsumsi air hangat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

5. Meredakan gejala flu
Minum air hangat dapat membantu meringankan gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan mencegah dehidrasi. Air hangat akan membantu tubuh untuk mengurangi iritasi tenggorokan. Uap hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Anda dapat menambahkan jahe, lemon atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera.

Untuk mendapatkan manfaat air hangat lebih banyak, Anda dapat berkumur dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat. Rasa sakit pada tenggorokan umumnya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Gunakan campuran air garam tadi untuk berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

 

AYO BACA : Indonesian Idol: Akankah Duet Wong Suroboyo Maia Estianty dan Melisa Hartanto Terwujud?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar