Bawang Putih, Obat Murah dan Alami Turunkan Gula Darah

  Senin, 15 Maret 2021   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Bawang putih kaya manfaat kesehatan, salah satunya membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. (Pixabay/Manfred Richter)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Bawang putih kaya manfaat kesehatan, salah satunya membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Konsumsi bawang putih juga bisa mengurangi penyakit jantung, suatu kondisi yang memengaruhi sekitar 80% penderita diabetes, demikian dilaporkan healthline.com.

Sebagian besar orang dewasa bisa mengonsumsi bawang putih dengan aman. Hanya saja, rasa, bau, dan kepedasan dari bawang putih mungkin akan mengganggu sebagian orang yang tidak terbiasa.

7 Makanan Ini Turunkan Gula Darah Pengidap Diabetes, Sudah Konsumsi?

Spesifikasi Samsung Galaxy A72, RAM 8 GB, Kamera 64 MP, Ini Bocoran Lengkapnya

8 Cara Diet Ini Buruk bagi Kesehatan, Jangan Lakukan!

Sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi kadar gula darah dan risiko aterosklerosis. Hal itu karena diabetes juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami peradangan terkait aterosklerosis.

Meskipun hal ini masih dalam penelitian, studi tahun 2014 juga mendukung gagasan bahwa bawang putih bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara teratur.

Risiko yang perlu diwaspadai

Bawang putih juga merupakan sumber vitamin B6 dan C. Vitamin B6 terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan vitamin C berperan menjaga kadar gula darah.

Secara umum, bawang putih bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, memiliki efek antitumor, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan bersifat antibakteri.

6 Tanda Kadar Gula Darah Tinggi, Selalu Lelah dan Lapar

Mayoritas RT di Kota Malang Zona Hijau, Adakah Zona Merah?

Spesifikasi Infinix Hot 10 Play, HP Murah Rp1 Jutaan, Bisa Jadi Powerbank!

Namun, bawang putih yang memiliki rasa dan bau cukup kuat juga bisa menimbulkan sejumlah risiko, termasuk mulas, mual, muntah, dan diare.

Anda juga lebih mungkin mengalami efek samping tambahan jika mengonsumsi bawang putih mentah. Jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, cobalah konsultasi ke dokter sebelum makan bawang putih.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan, Obat Darah Tinggi dan Jaga Gula Darah

Menu Diet Murah yang Sehatkan Jantung dan Atasi Tekanan Darah

Cara Alami Kontrol Darah Tinggi dengan Air Jahe, Ikuti Caranya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar